HUT Jambi Angkat Keragaman Seni Budaya

Jambi - Dewan Kesenian Jambi (DKJ) akan menggelar workshop manajemen seni pertunjukan. Acara yang dipersiapkan guna menyambut ulang tahun Jambi ini 6 Januari 2012, digelar di Gedung Olah Seni (GOS) Kotabaru.

"Kita diberikan kepercayaan Gubernur HBA untuk menjadi pelaksana pertunjukan malam budaya," kata Ketua DKJ Azwan Zahari, Senin (5/12).

Berbagai keragaman budaya akan tampil. Menurut dia, helatan malam budaya ini akan menampilkan keragaman seni budaya Jambi yang akan dirangkai dalam satu pertunjukan.

Tom Ibnur, koreografer Jambi yang juga mantan Direktur Institut Kesenian Jakarta (KJ), dalam paparan menjelaskan, pertunjukan harus mengangkat tradisi Jambi. Namun dengan garapan yang modern. "Keragaman tradisi Jambi yang harus diangkat, namun dengan konsep garapan yang modern," ungkapnya.

Beberapa seniman senior juga mengambil peran. Antara lain Kepala Taman Budaya Jambi, Ja'far Rasuh, Didin Siroz sutradara malam budaya nanti, Muhammad Husyairi, dan Naswan Iskandar.

Sedangkan tampilan yang akan mengisi pertunjukan adalah lagu daerah Jambi, Tari Kain Kromong, pembacaan puisi, Lukah Gilo, Zapin Jambi, Tari Marcok, Sike Rebana dan Krinok yang menjadi identitas kesenian Jambi. Materi-materi ini yang akan dirangkai menjadi satu pertunjukan.