Tari Betawi Edutainment

Jakarta - Tidak kurang dari tujuh atraksi seni budaya Betawi dan pendidikan disuguhkan di panggung lantai dasar dan lantai 6 Plaza Blok M, Jakarta Selatan, Minggu (11/12). Penampilan seniman Betawi ini mendapat perhatian ribuan penonton silih berganti.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta DR Arie Budhiman MSi ketika membuka acara itu mengakui penampilan ini cukup menarik. Sebab dilakukan di ruang publik, sekaligus tempat bisnis.

Menurut Arie Budhiman, sudah seharusnya pendidikan seni budaya dikemas sebagai edutainment, artinya sebagai pendidikan sekaligus juga sebagai hiburan. Dengan demikian generasi muda tertarik dan dapat menikmatinya dan selanjutnya ikut belajar menjadi pelaku senibudaya tersebut.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Latihan Kesenian (BLK) Jakarta Selatan, Dra Dyah Damayanti selaku penyelenggara menjelaskan, pergelaran ini merupakan bentuk hasil aktualisasi generasi muda yang tergabung dan berlatih di BLK Jakarta Selatan. Yang ditampilkan tersebut mereka para pelaku seni yang beprestasi dalam kreativitas dan inovasi.

Semua ada 150 orang peserta pergelaran. Mereka membawakan gambang kromong, tarian kembang putri, tari garapan topeng Nyai Jingkrak, Genjring Bonyok dan musik kolaborasi "Betawi Jakarta".