Karnaval Budaya Meriahkan HUT Bangka

Sungailiat, Babel - Karnaval budaya ikut memeriahkan peringatan hari ulang tahun ke-246 Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sabtu.

"Karnaval ini digelar dalam rangkaian kegiatan memperingati HUT Ke-246 Kabupaten Bangka," kata salah seorang anggota panitia karnaval Winarti, di Sungailiat, Kabupaten Bangka, Sabtu.

Ia mengatakan karnaval diikuti 45 peserta dari berbagai instansi pemerintahan dan sekolah, mulai dari sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah atas (SMA).

Meskipun diguyur hujan, karnaval yang dimulai dari Taman Hiburan Rakyat (THR) Bangka, dan berakhir di terminal kota setempat itu, berlangsung meriah.

Berbagai etnis dan corak budaya tergambar dalam warna-warni pakaian adat yang dipakai peserta.

Gadis-gadis muda Tionghoa berpakaian Cheong Sam berbaris elok di antara gadis-gadis Melayu berkain Cual khas Kepulauan Bangka Belitung.

Budaya upacara Nganggung yang asli Melayu nampak meriah di antara kemegahan atraksi Barongsai yang ditarikan etnis Tionghoa, juga peragaan upacara Buang Jong, upacara larung ke laut sebagai wujud syukur masyarakat Nelayan Bangka.

Bupati Bangka Yusroni Yazid mengatakan pada ulang tahun ke-246, kabupaten ini diharapkan dapat terus maju. "Dalam ulang tahun yang ke-246, saya yakin Bangka bisa menjadi terus maju, dan bahkan lebih baik dari sekarang," katanya.

Sementara itu, salah seorang warga Bangka, Evri Yulianti Masha berharap Bangka dapat menjadi kota yang lebih baik dalam segala bidang.

"Bangka harus bisa menjadi lebih baik dari sekarang di segala bidang," kata Evri yang mengantar anaknya ikut karnaval tersebut.