Bajidoris Bertahan di Pekan Seni Budaya Jawa Barat 2013

Bandung, Jabar - Ratusan anggota Komunitas Bajidoris Kota Bandung menyemut di depan panggung utama Pekan Seni Budaya Jawa Barat 2013, Selasa (10/9/2013) malam. Kesenian Bajidoran perwakilan kesenian tradisional dari Kabupaten Subang membuat suasana pegelaran kesenian di kawasan Monumen Juang Rakyat Jawa Barat meriah sepanjang malam.
“Ini merupakan fenomena sangat menarik dan patut ditelusuri untuk diterapkan dikesenian (tradisional) lainnya. Kita harus mengetahui, apa yang menjadi magnet dan kekuatan dari kesenian tradisional (bajidoran) ini, sampai komunitasnya demikian kuat dan solid,” ujar Kepala Bidang Kesenian Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat, H. Agus Hanafiah S.Sos., di sela-sela pertunjukan Kesenian Tradisional Bajidoran pada pegelaran seni tradisional di Pekan Seni Budaya Jawa Barat 2013.
Meski berdasarkan kesepakatan pertunjukan akan diakhiri pada pukul 22.30 WIB, namun komunitas bajidoris yang semakin malam semakin bertambah meminta kesenian bajidoran terus berlangsung. Bahkan mereka tidak hanya turut menari dan menyawer dibibir panggung, tapi semakin malam mulai berani naik ke atas panggung dan turut menari dengan para ronggeng.