Pidie Serius Perkenalkan Khazanah Budaya dalam PKA ke-6

Banda Aceh, NAD – Pemerintah Kabupaten Pidie menggelar rapat evaluasi persiapan untuk mengikuti pagelaran Pekan Kebudayaan Aceh yang ke-6. Rapat dipimpin Bupati Sarjani Abdullah di gedung Oproom sekdakab Pidie, Kamis sore, 12 September 2013.
Dalam rapat tersebut seluruh ketua seksi yang telah ditetapkan untuk mempersiapkan pergelaran PKA menyampaikan berbagai kesiapannya. “Seluruh panitia masing-masing seksi telah melaporkan kesiapanya,” ujar Kepala Bagian Hubungan Masyarakat dan Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten Pidie, Muhammad Harris kepada wartawan.
Dia mengatakan, Ketua panitia PKA ke-6 kabupaten Pidie, Syukri M. Yusuf bersama dengan wakil ketua Zulkifli Madjid menyampaikan bahwa segala persiapan telah dilakukan. Sampai saat ini sudah 90 persen siap untuk mengikuti PKA, tinggalfinishing saja di beberapa sektor, seperti anjungan Pidie yang berada di Banda Aceh.
“Dan insya Allah H -3 semua sudah siap,” ujarnya
Menurutnya, pemerintah daerah berkomitmen mendukung penuh kegiatan ini, Bupati Pidie mengintruksikan kepada para panitia untuk benar-benar serius mempersiapkan segala kebutuhan tim PKA yang akan berangkat ke Banda Aceh, karena ini menyangkut dengan khazanah yang dimiliki.
“Kita akan menampilkan hasil terbaik, supaya masyarakat luas tahu, bahwa Pidie memiliki berbagai khazanah budaya”, kata Harris mengutip pernyataan Bupati Sarjani.
Terhadap beberapa kekurangan, diminta untuk terus disempurnakan, PKA bukanlah merupakan kegiatan masing-masing seksi kata bupati. “Tapi ini adalah kegiatan daerah secara kolektif, jika ada satu bidang mengalami kekurangan, maka akan memperlihatkan kekurangan kita secara keseluruhan,” sebut Harris
“Untuk itu saya minta hal ini harus benar-benar diperhatikan dengan serius, Jika ada seksi yang mengalami kekurangan dana dalam persiapan silahkan hubungi saya secara langsung, saya siap memberikan dana pribadi untuk kegiatan PKA ini terutama di bidang perlombaan budaya, kata bupati Sarjani Abdullah,” Seperti dikutip Muhammad Harris.
Kabupaten Pidie akan mengirim 314 peserta ke Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-6 di Banda Aceh pada 20 September 2013. Pidie ingin meraih juara umum pada event kebudayaan tersebut.
“Kita sudah memastikan akan mengikuti semua even yang diperlombakan, kecuali seni ukir pahat,” kata Kepala Dinas Pemuda, Olah Raga dan Kebudayaan Kabupaten Pidie, Zulkifli kepada wartawan, Selasa 10 September 2013.
Menurut dia, Pemerintah Kabupaten Pidie telah menyediakan dana Rp850 juta. “Dan sedang diupayakan penambahan sekitar Rp250 juta lagi,” ujarnya.
Selain menyiapkan sejumlah cabang seni dan budaya, kata Zulkifli, pihaknya juga telah merenovasi, menata, dan memperindah lokasi anjungan Kabupaten Pidie di kompleks Ratu Safiatuddin Banda Aceh sebagai lokasi utama PKA.
Sedangkan Untuk pemendokan kontingen Pidie, kata dia, sudah ditetapkan di dua lokasi yaitu Geuceu dan Lampineng.  “Sejak beberapa pekan terakhir telah dilakukan persiapan maksimal,” kata Zulkifli.