Sambut HUT Kudus, Disbudpar Gelar Parade Budaya

Kudus, Jateng - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbdupar) Kudus akan menggelar parade budaya. Ini dilakukan dalam rangka menyambut HUT ke-464 tahun Kabupaten Kudus.
Kepala Disbudpar Kudus, Hadi Sucipto melalui Sekretaris Dinas, Eko Hari Djatmiko usai rakor HUT ke- 464 tahun Kudus menjelaskan, hasil dari rapat koordinasi dengan berbagi pihak terkait bahwa rangkaian puncak HUT Kudus akan berlangsung mulai tanggal 23 September.
"Pelaksanaannya sebagian besar digelar di Alun - Alun Simpang Tujuh," katanya, Rabu (4/9).
Ini dimaksudkan bahwa pagelaran budaya yang mementaskan beberapa pertunjukkan menarik bernafaskan kearifan budaya Kudus akan menjadi hiburan gratis bagi masyarakat Kudus. "Sesuai dengan tema yang diusung yaitu mewujudkan masyarakat Kudus yang lebih sejahtera," ujarnya.
Pihaknya menambahkan, konsep yang diusung tetap mengedepankan budaya. Sebab ini juga merupakan implementasi pelestarian budaya yang harus tetap terjaga. "Melalui moment ini kami coba tonjolkan kembali," imbuhnya.
Terkait alur rangkaian kegiatan yang sudah disusun, Eko menjelaskan sebenarnya kegiatannya sudah dimulai sejak sekarang, yaitu pada tanggal 15 September diadakan lomba busana Muslimah yang pendaftarannya sudah dimulai sejak sekarang. Selanjutnya pada tanggal 22 September nantinya digelar lomba burung berkicau di Museum Kretek dan puncaknya pada tanggal 23 September.
"Dimeriahkan dengan kirab kereta berkuda serta pertunjukkan marching band dari Akademi Kepolisian Semarang, serta tentunya beberapa pertunjukkan kesenian dari Kudus kurang lebih melibatkan 3.000 peserta," paparnya.
Mengenai rutenya dimulai dari Jalan dr Lukmonohadi ke utara hingga Alun-alun Simpang Tujuh dan finish di Jalan Jendral Sudirman depan SMP 3 Kudus. "Kegiatan ini rencananya akan dimulai pukul 13.00 hingga selesai," tandasnya.