Wagub Buka Pekan Seni Budaya Jawa Barat 2013

Bandung, Jabar - Pekan Seni Budaya Jawa Barat (PSB Jabar) jangan hanya menjadi acara seremonial tahunan yang diselenggarakan pemerintah provinsi dan daerah. Kegiatan PSB Jabar harus menjadi agenda tahunan yang mengangkat seni budaya daerah dalam upaya pengembangan dan pelestarian.
“Kegiatan (PSB Jabar) ini harus menjadi agenda tahunan yang memberikan ruang seniman maupun kreatir seni untuk berkreasi. Selain itu kegiatan juga harus menjadi ajang masyarakat mengapresiasi seni budaya yang berkembang disetiap daerah dan jarang ditampilkan,” ujar Wakil Gubernur Jawa Barat, H. Deddy Mizwar dalam sambutannya pada pembukaan Kirab Seni yang menjadi bagian Pekan Seni Budaya Jawa Barat 2013, Sabtu (7/9) bertempat di depan Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat (Monju Jabar).
Kirap Seni yang memandai PSB Jabar 2013 diikuti 26 Kota dan Kabupaten se Jawa Barat, yang menampilkan seni tradisi helaran (pawai) unggulan. Semisal seni helaran Manuk Janur dari Kota Banjar, Simbar Kancana (Kab. Majalengka), Sasapian Gumarang (Kab. Bandung Barat), Sirung Hareupan (Kab. Bandung), Buta Batok (Kab. Ciamis), Marching Dog (Kota Bandung), Unjungan (Kab. Bekasi), Budak Buruan (Kab. Sukabumi) dan lainnya.