Banyumas Gelar Extravaganza pada HUT ke 432

Semarang, Jateng - Peringati hari jadi Banyumas, sebanyak 432 penari kentongan unjuk kebolehan di hadapan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Minggu (27/4). Mereka menampilkan beberapa koreografi tari yang dirangkai apik dalam parade Banyumas Extravaganza.

Selain atraksi kentongan, berbagai aksi kesenian khas dari berbagai kecamatan ditampilkan dengan mengenakan topeng bertema batik yang menjadi ikon kali ini.

Dalam sambutannya, Ganjar Pranowo mengatakan agenda festival Banyumas Extravaganza akan membantu pariwisata di Banyumas. "Gelaran ini sebenarnya akan mampu menjual Banyumas dalam pengembangan dunia pariwisata," ucapnya.

Atraksi yang berlangsung sekitar satu jam tersebut, juga diisi aksi paralayang yang terbang di atas Alun-Alun Purwokerto menjadi hiburan warga. Antusiasme warga dalam karnaval kali ini cukup tinggi.

Sejak pagi, warga sudah tumpah ruah di sekitar jalan protokol yang dilalui parade ini. Dalam kegiatan Banyumas Extravaganza kali ini juga diisi dengan lomba rally photo yang diikuti puluhan fotografer dari berbagai daerah.

Seorang warga Purwokerto, Fendi (20) mengatakan Banyumas Extravaganza kali ini cukup meriah dan menarik dengan tema batik. Dia berharap ke depan acara kebudayaan seperti ini bisa mampu mengangkat Banyumas dalam bidang pariwisata.

"Tahun ini lebih meriah dibanding tahun sebelumnya, karena banyak variasinya dan bertema batik. Saya berharap tahun depan kegiatan ini bisa terus ada dan berkembang," ucapnya.