Tsunami Kecil Ancam Enam Titik di Papua

Jakarta - Gempa berkekuatan 8,8 skala richter di Cile akan menimbulkan gelombang tsunami kecil di enam titik di Papua, Indonesia.

"Kalau dari peringatan Pusat Peringatan Tsunami Pasifik (PTWC) menyebutkan tsunami kemungkinan akan terjadi pada 28 Februari 2010 sekitar pukul 03.02 GMT atau sekitar pukul 10 pagi WIB," kata analis gempa dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Sujabar di Jakarta, Minggu (28/2).

Enam titik di Papua yang akan dilanda tsunami kecil dari Cile adalah Warsa, Manokwari, Sorong, Bere-bere, Pattani dan Geme. Ia menjelaskan, ancaman gelombang tsunami kecil itu berdasarkan hasil observasi dari PTWC di Hawaii. Tsunami terbesar akibat gempa Cile sendiri hanya mencapai ketinggian 2,3 meter dan belum ada laporan korban jiwa akibat tsunami itu.

"Di Peru saja, yang terdekat dengan Cile, hanya terjadi tsunami sekitar 0,4 meter. Apalagi di Papua, pasti jauh lebih kecil," katanya. Seperti diketahui, gempa berkekuatan 8,8 skala richter (SR) mengguncang Cile sekitar pukul 13.34 Waktu Indonesia Barat (WIB). Presiden Cile terpilih Sebastian Pinera menyebut korban tewas mencapai 120 orang.

Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), gempa berpusat di 35,826 lintang selatan dan 72,669 bujur barat, atau 317 km barat daya Ibukota Cile, Santiago. Gempa ini di kedalaman 59,4 kilometer di lepas pantai Maule, Cile. Gempa ini diduga berakibat parah di Kota Concepcion, kota kedua terbesar di Cile. Concepcion hanya berjarak 115 kilometer dari pusat gempa di kedalaman 59 kilometer. (Ant/OL-02)

Sumber: http://www.mediaindonesia.com