Gratis, Masuk Ancol Minggu 25 Oktober

Jakarta - Anda ingin gratis masuk Ancol sambil bersepeda? Minggu (25/10), manajemen Ancol Taman Impian memberikan diskon 100 persen alias gratis bagi 4.000 pesepeda yang datang ke tempat rekreasi ini.

“Hari itu ribuan pesepeda dari berbagai komunitas kami undang ke Ancol secara gratis masuk di pintu utama. Silakan nikmati Pantai Ancol atau menyaksikan hiburan di arena UrbanFest 2009,” ujar YJ Harwanto, General Manager Taman Impian, kepada Warta Kota di Ancol, Senin (19/10).

Pada 25 Oktober itu akan diluncurkan “produk” baru di taman rekreasi terbesar di Asia Tenggara itu, yakni Ancol Commuter. Manajemen Ancol Taman Impian akan menyediakan 200 sepeda yang dipinjamkan secara gratis kepada pengunjung untuk berkeliling kawasan itu, terutama di sekitar Pantai Carnaval.

Program Ancol Commuter juga sebagai bentuk kepedulian terhadap pemeliharaan lingkungan hidup. Sepeda nantinya akan menjadi sarana transportasi utama di Ancol. Saat ini, di kawasan ini juga telah ada jalur khusus sepeda, yaitu Carnaval Bike Beach, serta arena bermain bagi komunitas dirty jump (DJ) yang diberi nama Bikaholic.

“Ke depan, kami berharap pengunjung di kawasan Ancol itu berjalan kaki, naik sepeda, atau menggunakan inner transportation yang telah kami sediakan. Parkir mobil akan kami sediakan di luar,” ujar Harwanto.

Nama Ancol Commuter diambil dengan filosofi bahwa kawasan Ancol Taman Impian adalah sebuah kawasan yang terdiri atas berbagai unit rekreasi layaknya sebuah perkotaan yang membutuhkan sarana transportasi sebagai konektivitas satu lokasi dengan lokasi lainnya. Sepeda adalah salah satu sarana transportasi yang nantinya akan menjadi transportasi utama dalam pengembangan mobilitas kawasan Ancol Taman Impian menuju cita-cita Ancol Spektakuler.

Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk Budi Karya Sumadi mengatakan, penggunaan sepeda sebagai sarana transportasi pengunjung ini didasari oleh semangat kepedulian terhadap lingkungan hidup dalam pengurangan emisi gas karbon ataupun menjaga kesehatan jasmani. Program ini sekaligus sebagai wujud konsistensi pengembangan Ancol menuju green company.

Sementara itu, rencana Ancol ingin “menyepedakan” pengunjungnya mendapat sambutan baik dari kalangan pesepeda. “Wah, itu sudah melakukan ekoturisme. Memang sudah harus dilakukan oleh tempat wisata sebesar Ancol,” kata Arif Santoso, anggota Bojonggede Bikers Community (Bobico).

Tense Manalu, seorang aktivis Bike to Work, melihat program Ancol itu akan menambah kawasan bersepeda bagi masyarakat Jakarta. “Ini akan menambah fasilitas bersepeda bagi masyarakat Ibu Kota yang selama ini sulit sekali mencari kawasan bersepeda yang nyaman di Jakarta,” ujarnya.

Tense juga melihat upaya Ancol itu akan mendukung pertumbuhan atlet sepeda, khususnya atlet BMX, karena selama ini mereka kekurangan tempat berlatih. Namun, karyawan sebuah perusahaan di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, ini juga menyoroti tarif masuk Ancol yang dirasanya cukup mahal bagi pelajar.

“Kalau enggak salah hanya pada jam-jam tertentu yang murah. Mungkin waktunya bisa diperpanjang untuk pelajar,” ujarnya.

Saat ini tarif masuk Ancol sebesar Rp 13.000/orang, tetapi pada Minggu pukul 06.00-09.00 diberlakukan potongan harga sehingga tarifnya hanya Rp 6.000/orang.

UrbanFest

Tahun ini, untuk ketiga kalinya diadakan UrbanFest yang berlangsung dua hari, 24-25 Oktober 2005, di Pasar Seni, Ancol. Acara yang digelar pertama kali pada 2007 ini terselenggara atas kerja sama Ancol Taman Impian, Prambors Radio, Kompas Gramedia, dan Institut Kesenian Jakarta (IKJ).

UrbanFest tahun ini akan menyajikan street artventure dengan nuansa baru yang belum pernah dilakukan seperti memotret kegairahan ekspresi berbagai komunitas perkotaan, mulai dari ekspresi budaya dan berkesenian, permainan, sampai olahraga ekstrem. Juga ada carnaval dance, music performance, street fest, art exhibition, pemutaran film, game, sport arena, dan urban food.

UrbanFest 2008 dikunjungi 45.000 anak muda Jakarta dalam dua hari. Kali ini, band-band yang digandrungi anak muda, seperti D`Masiv, The Bannery, Seurieus, dan The Safari, akan tampil.