Pemprov Jambi Bangun Obyek Pariwisata Keluarga Terlengkap

Jambi - Direncanakan revitalisasi pembangunan obyek pariwisata bagi warga kota Jambi maupun keluarga, serta masyarakat umum lainnya di lahan eks. MTQ (Musabaqah Til’lawatil Qur’an)

Lokasi yang persisnya di Taman Rimba, Paal Merah, Kota Jambi menjelang puncak peringatan HUT Provinsi Jambi pada 6 Januari 2010 yang akan datang selesai dikerjakan dan dapat dinikmati warga.

Demikian dikemukakan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi, Didi kepada berita21.com diruang kerjanya, Selasa (21/10) di Kota Jambi.

Perencanaan pembangunan obyek pariwisata tersebut, menurut Didi, masih dibahas ditingkat rakor antar sektor setiap masing-masing SKPD-SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) dinas/instansi terkait. Direncanakan semuanya selesai sebelum puncak peringatan HUT Provinsi Jambi, 6 Januari 2010 mendatang, paparnya.

“Kini, rencana pembangunan revitalisasi di lokasi Taman Rimba dan bekas lahan MTQ di Paal Merah (Kota Jambi) sedang dibahas ditingkat rakor. Dan, dipimpin langsung oleh Asisten II (Zubaidi) untuk ditentukan kapan waktunya. Sedang, SKPD-SKPD terkait sudah menyanggupi untuk segera dibangun dan dikelola sebelum HUT Provinsi Jambi,” jelas Didi menambahkan.

Saat disinggung bentuk obyek pariwisata yang akan dibangun itu, lebih lanjut beber Didi, belum bisa dipastikan. Akan tetapi, menurutnya, pembangunan revitalisasi obyek pariwisata di Taman Rimba dan bekas lahan MTQ itu merupakan satu-kesatuan yang utuh dan terintegrasi oleh masing-masing sektor di setiap dinas/instansi terkait.

Lebih jauh ungkap Didi, dinas/instansi terkait yang akan dilibatkan mencakup kerjasama antar sektor dilingkungan Setda pemprov maupun pemkab dan pemkot se-Provinsi Jambi.

Dilingkungan Setda Pemprov Jambi, meliputi biro umum, disnak/taman rimba, bappeda, dispenda, dinas pendidikan, biro ekbang, dinas kimpraswil, dan disperindag.

Sedangkan terkait soal keamanan, jelas Didi, pihaknya turut melibatkan Korem dan Polda Jambi, serta Satpol PP dan seluruh jajaran dinas/intansi dilingkungan pemkab maupun pemkot se-Provinsi Jambi.

“Ibaratnya masing-masing sektor segera dibuat piringnya oleh masing-masing dinas/instansi terkait. Sementara Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Provinsi Jambi) adalah makanannya. Dan semuanya harus selesai akhir Desember (2009) ini,” jawab Didi tegas.

Disamping itu, sambung Didi, revitalisasi pembangunan obyek pariwisata tersebut juga berdampak pada kesempatan lapangan kerja maupun peningkatan ekonomi warga setempat.

Adapun di lokasi itu, sebut Didi, segera dibangun berbagai wahana wisata. Diantaranya, wisata air, wisata seni dan budaya, wisata kuliner makanan khas Jambi dan kerajinan asli daerah Jambi, Hall Olah Raga, serta Rumah Pintar terlengkap. Kemudian di lokasi Taman Rimba saat ini, segera dibangun Kebun Binatang terlengkap bagi pengunjung kelak, tuturnya. Afrizal/B21