Harus Pandai Promosi dan Mengemas, 238 Anggota Tim Visit Dikukuhkan

Batam, Kepulauan Riau - Wali Kota Batam Ahmad Dahlan mengukuhkan Tim Visit Batam 2010 di lantai 4 Kantor Wali Kota Batam, Batam Centre, Selasa (10/11). Tim yang terdiri dari 238 anggota ini, bertugas menyiapkan agenda dan program demi suksesnya Visit Batam 2010.

Pengukuhan tim yang diketuai langsung Kepala Disparbud Kota Batam, Guntur Sakti ini ditandai dengan penyematan pin kepada pengurus inti masing-masing bidang dan penyerahan pataka Visit Batam 2010 oleh Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan.

Kepada tim, Dahlan berpesan, supaya bekerja secara kooperatif. Yang terpenting, kata dia, tim ini harus gencar melakukan promosi dan membuat paket wisata yang mampu menarik wisatawan, baik lokal maupun asing.

“Harus pandai promosi dan mengemas acara wisata. Ini merupakan salah satu kunci suksesnya program Visit Batam 2010,” kata Wako.

Ia mencontohkan, perhelatan F1 malam hari yang sudah dua kali digelar di Singapura.

Sebenarnya, event ini kurang menarik. Sebab, selain digelar malam hari, ajang balapan jet darat ini juga mengambil sirkuit di jalan raya di tengah kota pula.

“Namun karena kuatnya promosi dan dikemas dengan sedemikian rupa, event ini menjadi sangat menarik. Terbukti seluruh kursi penonton full booked,” katanya.

Wako menegaskan, Batam memiliki potensi wisata yang sangat menjanjikan. Sebab selain berlokasi di perbatasan dengan negara tetangga, Batam juga memiliki berbagai pesona wisata alam yang unik.

Selain itu, lanjut Wako, Batam juga memiliki infrastruktur pendukung dunia pariwisata yang cukup lengkap. Mulai dari hotel berbintang, pelabuhan dan bandara internasional serta merupakan kota meeting, incentive, convention and exhibition (MICE). ”Batam juga cukup branded,” katanya.

Dengan terbentuknya tim ini, Dahlan berharap akan tercipta pengembangan dunia pariwisata Batam secara terintegrasi. Sementara itu, Ketua Tim Visit Batam, Guntur Sakti mengatakan, tim ini terdiri dari berbagai unsur dan elemen. Mulai dari unsur pemerintah provinsi, pemerintah kota, kepolisian, BP Batam, LAM, pelaku usaha kecil dan pariwisata, perhotelan, MUI, seniman, dan stakeholder lainnya.

Tim ini sengaja melibatkan beberapa unsur yang beragam, supaya program Visit Batam nantinya benar-benar akan digerakkan oleh semua pihak sesuai dengan kapasitas masing-masing, secara bersama-sama.

“Tim ini memang cukup gemuk, tapi mereka akan bekerja sesuai dengan bidang dan kapasitas masing-masing,” kata Guntur.

Acara pengukuhan ini dilanjutkan dengan diskusi panel tentang rencana pengembangan pariwisata Kota Batam. Diskusi ini menghadirkan beberapa panelis, di antaranya Ketua BP Batam, Ketua Bea dan Cukai Batam, Wakpoltabes Barelang, Ketua DPRD Kepri dan Batam, Kepala Badan Karantina dan lain sebagainya.

Kemudian acara dilanjutkan dengan peresmian penggunaan sekretariat Tim Visit Batam 2010 di lantai tiga Kantor Wali Kota Batam.