Kunjungan Wisman Turun, Hunian Clarion Meningkat

Makassar, Sulawesi Selatan - Meski data Badan Pusat Statistik (BPS) Sulsel menunjukkan bahwa jumlah wisatawan manca negara (wisman) menurun sebesar 16,19 persen atau dari 951 orang menjadi 797, Hotel Clarion malah tetap kebanjiran tamu wisman.

General Manager Hotel Clarion Makassar, Anggiat Sinaga menuturkan, memang tingkat kunjungan wisman yang datang masih stagnan, namun jika dihitung, wisman yang transit menunjukkan kenaikan cukup siginifikan dari 225, naik menjadi 365 wisman.

"Kita optimis kunjungan wisman ke kota Makassar akan naik, mengingat pada pertengahan November, rencananya mereka akan berkunjung di Clarion sekitar 445 orang," ujarnya.

Ketua PHRI Sulsel ini mengungkapkan, mengutip pernyataan tour leader para wisman tersebut, salah satu penyebab peningkatan itu terjadi karena menu khas makanan yang ada di Makassar.

"Untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisman ke Makassar, semua pihak harus mengapresiasi hal itu, karena ini merupakan momentum untuk mengangkat citra pariwisata Sulsel," tandasnya. (PR4/maf)