Masjid Sang Cipta Rasa, Bukti Peradaban Islam

Cirebon merupakan kota yang memiliki banyak bukti peradaban perkembangan Islam. Salah satu bukti peninggalan sejarah yang cukup dapat membuktikan kejayaan Islam di masa tersebut yaitu Masjid Sang Cipta Rasa. Masjid tertua di Cirebon itu dibangun sekitar tahun 1480 Masehi pada penyebaran Islam Sunan Gunung Jati.

Masjid tersebut terletak dari kompleks Keraton Kasepuhan Cirebon. tampak dari depan, masjid tersebut sangat megah dengan pagar batu bata merah yang tertata rapi. Setelah masuk ke dalam masjid, nampak tiang-tiang penyangga berupa kayu bulat dan besar menjadikan masjid tersebut itu tampak bersahaja.

Arsitektur klasik sangat terasa, perpaduan antara arsitektur Jawa dan Cina. Uniknya, di bagian dalam atau sisi kanan masjid utama terdapat sumur yang oleh masyarakat setempat dan dan para peziarah diyakini keramat. Sumur tersebut selalu penuh dan seperti sumber mata air yang tak pernah kering.

Selain Masjid Sang Cipta Rasa, di Cirebon juga terdapat masjid lain yang tak kalah tua, di antaranya yaitu Masjid Merah Panjunan. Yakni masjid yang terletak di Kelurahan Panjunan Kecamatan Lemah Wungkuk Cirebon itu, dibangun ke-15 oleh Pangeran Panjunan. (Ameq Humaidy)