Akhir Liburan, Berastagi Dipadati Wisatawan

Berastagi, Sumut - Memasuki musim akhir liburan sekolah, objek wisata di Berastagi, Kabupaten Tanah Karo, Sumatra Utara, dipadati wisatawan nusatara. Kehadiran wisatawan yang berkunjung ke Daerah Tujuan Wisata (DTW) Berastagi mulai terlihat sejak Sabtu (18/7) sore, sedangkan puncaknya terlihat pada Minggu (19/7) tengah hari dengan kehadiran iringan kendaraan pribadi dari arah Medan menuju Berastagi. Tingginya arus wisatawan ke daerah pegunungan yang memiliki ketinggian 1.400 meter dari permukaan laut membuat tingkat hunian hotel berbintang, hotel melati bahkan vila-vila milik pribadi yang sepi dalam beberapa pekan terakhir, mengalami peningkatan dibandingkan hari hari biasanya.

Begitu pula dengan suasana di Kota Berastagi yang sempat sepi, mendadak ramai. Demikian juga arus lalu lintas di jalan protokol Kota Berastagi, juga mengalami kemacetan lalu lintas yang diakibatkan tingginya ruas kendaraan yang keluar masuk. Namun kemacetan arus lalu lintas, akhirnya dapat diatasi setelah Kasat lantas Polres Tanah Karo AKP M Saleh mengerahkan anggotanya dari unit Pos Lantas Berastagi untuk menutup jalur lingkar di Tugu Perjuangan Berastagi dan menempatkan sejumlah petugas di beberapa persimpangan jalan yang ada di kota wisata Berastagi.

Anita Kaban, dan Christine, petugas reseption salah satu penginapan, tadi malam, mengatakan naiknya tingkat kunjungan wisatawan nusantara ke daerah pegunungan ini sudah diprediksi sebelumnya. Disebutkan, kehadiran wisatawan nusantara yang datang ke Berastagi membuat tingkat hunian di penginapan di sepanjang jalan protokol Berastagi juga mengalami peningkatan, begitu pula dengan penginapan yang ada di pinggiran Kota Berastagi. “Meskipun tidak sampai membludak namun tingkat hunian terasa meningkat,” katanya.

Sedangkan wisatawan yang ingin suasana baru, pihaknya menyarankan berwisata ke Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, sebelah Utara Danau Toba yang berjarak 47 km dari pusat pariwisata Berastagi. Di Desa Tongging, sejumlah wisatawan nusantara terlihat memanfaatkan liburannya untuk memancing, berenang dan menikmati keindahan air terjun Sipiso-Piso. Diperkirakan wisatawan kembali ke tempatnya masing-masing Senin (20/7) sore. (dat04/waspada)

Sumber: http://www.waspada.co.id 22 Juli 2009