Benan Jadi Kawasan Wisata Unggulan

Lingga, Kepulauan Riau - Untuk mewujudkan Desa Benan dan pulau-pulau di sekitarnya menjadi salah satu kawasan wisata bahari unggulan di Kabupaten Lingga, mulai tahun 2009 ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lingga akan merekomendasikan sejumlah hasil Seminar dan semiloka Pengembangan Wisata Bahari yang pernah diselenggarakan beberapa bulan lalu.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Lingga Ir. Muhammad Ishak, MM mengatakan prioritas utama pembangunan yang dilakukan adalah membangun beberapa fasilitas pendukung utara daerah wisata yang tidak saja akan dilakukan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, tetapi juga oleh dinas-dinas tehnis lainnya secara terpadu dan sinergi, seperti Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Kesehatan dan lain-lain yang terkait.

"Saya bersyukur sekali adanya dukungan dan kerjasama dari dinas terkait tentu semakin mempercepat mewujudkan Pulau Benan sebagai salah satu destinasi wisata menarik di masa depan,"kata Muhammad Ishak, ketika ditemui di Daik kemarin.

Ketika ditanya sejauh mana kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Lingga dengan Batam Tourism Board (BTB), yang berkantor di Batam sebagaimana nota kesepahaman (Mou) yang telah ditandatangani beberapa bulan lalu oleh kedua belah pihak. Kadis yang berlatar belakang sarjana perikanan itu, mengakui belum dapat dilakukan lebih maksimal. Karena menurutnya, prioritas yang harus dilakukan dalam menunjang hal ini adalah menyiapkan segala fasilitas dan kesiapan masyarakatnya dengan program sapta pesona.

"Ibarat mengajak orang singgah ke rumah, tentu rumah dan orang yang ada di rumah harus disiapkan betul-betul, sehingga tamu menjadi senang, nyaman dan ingin selalu datang,"ujarnya mengumpamakan akan kunjungan wisatawan.

Seperti yang pernah diberitakan, Pemkab Lingga senantiasa gencar mempromosikan potensi wisata alam dan bahari yang ada di daerah ini agar menjadi daya tarik bagi wisatawan dalam dan luar negeri serta investor untuk memberikan manfaat bagi masyarakat dan daerah.

Upaya yang dilakukan pemerintah setempat dalam menggaet pendatang, salah satunya dengan menggelar lomba memancing ikan yang diberi nama Lingga Fishing Festival (LFF) yang ditaja Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lingga setiap tahunnya di Pulau Penaah, Kecamatan Senayang.

Pada kesempatan itu, Bupati Lingga H. Daria mengatakan kegiatan-kegiatan promosi potensi yang dimiliki Kabupaten Lingga memang harus terus menerus dilakukan. Karena tidak saja bermaksud untuk mengenalkan Kabupaten Lingga tetapi juga agar potensi yang dimiliki ada yang berminat untuk mengolah, sehingga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan daerah. "Tidak terkecuali juga bertujuan untuk menarik kunjungan wisatawan ke daerah ini," ujarnya.

Menurut Daria, agar setiap langkah kegiatan promosi yang dilakukan kabupaten lebih terarah, sinergis dan ada keterpaduan antar kabupaten/kota serta mendapat sasaran yang tepat. Pihaknya berharap sekali dukungan dari Provinsi, baik manajemen maupun financial. "Termasuk juga di dalam mengkoordinir keterpaduan dan partisipasi dari peserta utusan masing-masing kabupaten, kota se propinsi Kepri. Hal ini menurut hemat kami sangat penting dilakukan, guna mendukung dan memeriahkan setiap iven kalender tahunan yang telah dimiliki setiap daerah yang sekaligus juga merupakan iven tahunan Provinsi Kepulauan Riau,"kata Daria.

Ia mengatakan, dalam rangka menyiapkan suatu kawasan wisata bahari di Kabupaten Lingga, secara bertahap pemerintah setempat akan membangun fasilitas-fasilitas utama dan pendukungnya.Termasuk juga akan melakukan pembinaan terhadap masyarakat- masyarakat pesisir dan stake holder yang terkait.

"Jika melihat potensi yang ada, ke depan tidak saja fishing yang diutamakan, tetapi juga suatu kawasan marine park atau taman laut perlu sekali mulai ditata guna mendukung kegiatan diving dan snorkling yang menarik di daerah ini,"ungkap Daria. (sm/in).

Sumber: http://sijorimandiri.net/ (3 Maret 2009)