Liburan, Warga Semarang Padati Objek Wisata

Semarang, Jateng - Memasuki liburan Natal dan akhir tahun, beberapa objek wisata di Kota Semarang dipadati warga, yang sebagian besar datang dalam satu rombongan keluarga. Mereka memanfaatkan liburan untuk bersantai dan melepaskan penat.

Berdasar pantauan, Taman Margasatwa Mangkang, dibanjiri pengunjung. Selain melihat puluhan koleksi binatang, para pengunjung terutama anak-anak, mengantre untuk berfoto bersama ular, burung, gajah, dan rusa. Meski demikian, tak tampak even khusus yang diselenggarakan pihak pengelola, khusus menyambut libur kali ini.

Kepala UPTD Taman Margasatwa Semarang, Kusyanto menuturkan, kali ini, pengunjung melonjak hingga melebihi 10 kali lipat dari hari biasa. Sabtu (25/12) lalu, dari pukul 8 hingga 17.00, pengunjung sehari sekitar 2.500.

"Namun, hari ini, meningkat menjadi 3.000 orang. Pada hari biasa, pengunjung hanya 100-200 orang sehari. Meski liburan, kami tetap menarik tiket Rp 5 ribu," ujar dia.

Antusiasme mengunjungi tempat wisata, juga tampak pada para pengunjung Kampung Wisata Taman Lele. Budiyono (45), salah seorang penunjung dari Salatiga, mengatakan, setelah merayakan Natal di Semarang, sengaja membawa seluruh anggota keluarga untuk mengunjungi tempat wisata. "Untuk mengenalkan anak-anak pada binatang, selain merilekskan pikiran," ungkapnya.

Pengunjung Taman Lele yang didominasi anak-anak, lebih meminati kolam keceh yang berkedalaman 60 cm. Sementara becak air dan beberapa mainan anak, kurang diminati.