Taman Kyai Langgeng Tambah Fasilitas Bioskop 4 Dimensi

Magelang, Jawa Tengah - Awal 2011 obyek wisata Taman Kyai Langgeng (TKL) menambah fasilitas baru berupa bioskop 4 dimensi. "Bangunannya sudah siap, tinggal menunggu datangnya kursi, layar dan proyektor yang semuanya impor dari RRC. Diperkirakan akhir Desember 2010 atau awal Januari 2011 sudah datang. Setelah dipasang langsung operasional," kata Direktur TKL, Y Bunari, Minggu (19/12).

Tujuan penambahan fasilitas, lanjutnya, agar wisatawan yang berkunjung ke obyek wisata milik Pemkot Magelang itu selalu mendapat suguhan baru. "Kalau tidak ada penambahan fasilitas, pengunjung yang setiap tahun ke sini pasti bosan. Karena yang disuguhkan cuma itu-itu saja, tidak ada yang berubah," katanya.

Dia menerangkan, pembangunan gedung bioskop 4 dimensi ukuran 10 X 12 m2 dilaksanakan swakelola dengan biaya keseluruhan Rp 2,6 miliar. Daya tampungnya 40 kursi, sedang harga setiap kursi sekitar Rp 40 juta.

"Saya memilih 4 dimensi, karena di negara kita belum banyak obyek wisata yang memilikinya. Setahu saya yang ada baru di Malang, dan saya sudah berulangkali menontonnya," ungkapnya sambil menambahkan, rencananya gedung bioskop itu akan diberi nama kura-kura emas.

Yang akan diputar adalah film ruang angkasa dan bawah air dengan durasi 7,5 menit. Penonton yang menyaksikan film itu harus menggunakan kacamata empat dimensi yang disediakan pengelola.

'Kursi penonton otomatis akan bergerak mengikuti film tersebut. Jika menuju ke ruang angkasa maka kursi akan bergerak naik, penonton sepertinya ikut terbang ke angkasa. Demikian pula ketika masuk ke bawah air," terangnya.

Dengan harga tiket Rp 10.000/orang, Y Bunari optimis dalam tempo tidak terlalu lama modal bisa kembali. ‘’Harga tiket memang dibuat murah, disesuaikan dengan kemampuan pengunjung. Mengingat wisatawan yang ke sini kebanyakan golongan menengah ke bawah. Kalau mahal malahan tidak laku dijual," tandasnya.

Setelah bioskop 4 dimensi operasional, tambah mantan Komandan Detasemen Markas Akademi Militer Magelang, pihaknya akan menambah fasilitas lagi berupa bom-bom car. Targetnya setiap tahun menambah dua fasilitas baru.

Pada tahun 2010 fasilitas baru yang dibangun TKL antara lain flyng fox dan bumi perkemahan. Untuk mempercantik wajah, pintu masuk dibangun gapura yang dilengkapi dengan stupa dan dua patung gupala. (Doddy Ardjono/CN26)