14 Kabupaten/Kota di Sumsel Ikuti Festival Sriwijaya

Palembang - Pelaksanaan Festival Sriwijaya XVII yang dijadwalkan berlangsung di Palembang, 16-23 Juni 2008, akan diikuti utusan dari 14 kabupaten/kota di Sumsel.

Selain itu pada acara tahunan tersebut juga akan dihadiri utusan dari Nanggroe Aceh Darusalam (NAD), Sumatera Barat, Yogyakarta, dan Provinsi Jambi, kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Rachman Zeth di Palembang, Kamis.

Menurut dia, para peserta pada kegiatan pameran akan menampilkan aneka hasil industri kecil kerajinan rakyat setempat, sekaligus dijadikan ajang promosi.

"Jadi masing-masing daerah menampilkan hasil kerajinan industri andalan, serta mengikuti aneka kegiatan lainnya dalam memeriahkan kegiatan Festival Sriwijaya," katanya.

Dikemukakannya, untuk memeriahkan event tersebut yang dipusatkan di pelataran Benteng Kuto Besak (BKB), pihak panitia penyelenggara juga akan menggelar karnaval legenda rakyat.

Karnaval tersebut juga diikuti utusan dari 14 kabupaten/kota di Sumsel termasuk peserta tamu dari beberapa provinsi tetangga.

Serta masih banyak lagi kegiatan yang dilakukan dalam upaya menghibur warga setempat, yakni mengadakan aneka perlombaan seperti lomba musik kampus yang pesertanya grup bend dari SMU setempat, serta lomba mancing internasional.

Berikutnya lomba panjat pinang, banrongsai, lomba busana daerah, lomba foto pariwisata, serta lomba lukis yang pesertanya mulai tingkat Sekolah Taman Kanak-Kanak hingga tingkat SMU.

Ia mengatakan, kegiatan tersebut juga dalam upaya menarik minat para wisatawan nusantara dan mancanegara datang berkunjung ke Sumsel, khususnya Kota Palembang.

Oleh karena itu pihak Pemko Palembang melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata setemapt, telah menyiapkan semua fasilitas yang dibutuhkan seperti kapal pesiar, restoran terapung dengan aneka menu khas daerah serta petugas pemandu, tambahnya.

Sumber: Media Indonesia (13 Juni 2008)