Danau Ulu Seginim Wisata Andalan Bengkulu Selatan

Bengkulu - Danau Ulu Seginim, objek wisata andalan di Kabupaten Bengkulu Selatan, dan menjadi salah satu tempat favorit yang banyak dikunjungi warga setempat terutama saat liburan.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu, Edi Nevian di Bengkulu, menjelaskan, danau tersebut juga banyak dikunjungi wisatawan dari luar daerah terutama yang bedekatan dengan Bengkulu Selatan seperti Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan.

Para wisatawan yang berkunjung ke lokasi itu, kata dia, selain dapat menyaksikan air danau yang bening, juga bisa menikmati pemandangan panorama alam Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS).

"Para pengunjung juga bisa memancing di danau itu, yang memang sudah dipersiapkan untuk kegiatan tersebut," katanya.

Saat berada di danau, angin segar dari alam terbuka akan "menyelimuti" para pengunjung.

Objek wisata tersebut berada di Kecamatan Seginim, Kabupaten Bengkulu Selatan, sekitar 145 Km dari Bandara Fatmawati, Kota Bengkulu.

Perjalanan ke lokasi itu, lanjut dia, bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan umum, atau rental kendaraan dari Bandara Fatmawati dengan harga sekitar Rp300 ribu/hari.

"Jalan ke lokasi objek wisata itu sudah di aspal sehingga kendaraan bisa langsung masuk," ujarnya.

Danau Ulu Seginim, merupakan satu dari sekian banyak objek wisata danau di Provinsi Bengkulu, diantaranya Danau Mas Harun Bastari di Kabupaten Rejang Lebong dan Danau Dendam Tak Sudah di Kota bengkulu.

Di Provinsi Bengkulu saat ini terdapat 80 objek wisata yang terindentifikasi dan memiliki kekhasan. Dari jumlah itu sebanyak 14 di antaranya merupakan pantai, delapan tirta (air), 22 tempat bersejarah dan 36 panorama alam.

Sumber: www.antara.co.id (22 September 2008)