Kereta Banten Ekspress Diluncurkan Hari Ini

Jakarta - Menteri Perhubungan Jusman Syafii Djamal hari ini meluncurkan Kereta Api Banten Ekspress rute Jakarta-Merak. Kereta ekonomi dengan tarif tiket Rp 4.000 per penumpang ini seluruh gerbongnya (ada 10 gerbong) baru. Kereta diprioritaskan untuk warga yang saban hari pulang pergi dari Merak-Jakarta dan sebaliknya.

Warga selama ini dilayani kereta ekonomi butut. Kereta Langsam rute Jakarta-Rangkasbitung, misalnya. Kereta yang selalu penuh sesak dengan penumpang itu harga tiketnya Rp 1.500. Kereta ini juga disebut kereta "hantu". Sebab di dalamnya tak ada penerangan sama sekali. Hanya temaran lilin penjual makanan dan minuman.

Kereta akan berangkat dari Stasiun Merak pukul 06.00. Kapasitas angkutnya 700 sampai 1.500 penumpang. Penumpang kereta dari Merak, Serang, Serpong, akan mendapat pilihan kereta baru.

"Tidak semua stasiun akan disinggahi kereta ini," kata Ahmad Sujadi, juru bicara PT Kereta Api Daerah Operasi I yang meliputi Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. (Eka Utami Aprilia)

Sumber: www.tempointeraktif.com (22 September 2008)