Seniman Asing Ramaikan FKY XX 2008

Yogyakarta - Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) XX 2008 mulai dimeriahkan penampilan seniman-seniman manca negara. Mereka akan menampilkan pementasan pantomim, ballet, tari, musik dan performance arts.

Keterlibatan seniman-seniman asing, menurut Koordinator Program Internasional FKY XX 2008 Aisyah Hilal merupakan penyelenggaraan program internasional FKY XX 2008. "Penyelenggaraan program internasional akan memberi posisi FKY sebagai festival yang diperhitungkan sebagai ajang bergengsi untuk penampilan seniman asing," ungkapnya, Jumat (13/6) di Yogyakarta.

Sejumlah seniman yang akan tampil yaitu seniman pantomim Philippe Bizot dari Perancis, pementasan ballet "Rotterdam/New York" oleh Dance Work Rotterdam, pementasan "Contigo" yaitu pertunjukkan tari dan akrobat oleh Joao Paulo P Dos Santos dan Grup O Ultimo Momento, pementasan tari kontemporer oleh Japan Dance Network, serta pementasan performance arts Living Fossils oleh Yoko Ishiguro dari Jepang.

Dari program internasional, diharapkan akan terjadi saling belajar seniman asing dan lokal. "Seniman asing harus mau memberi alih teknologi, wacana dan konteks sosial untuk seniman dan publik lokal, demikian juga sebaiknya," ujarnya. Keterlibatan seniman manca negara itu akan diikuti workshop bersama lokal. FKY yang telah dibuka 7 Juni lalu kan berlangsung hingga 7 Juli.

Sumber: www.kompas.com (13 Juni 2008)