Denpasar Sibuk Jelang PKB

Denpasar - Sehari menjelang pembukaan Pesta Kesenian Bali (PKB) XXX di depan Museum Perjuangan Rakyat Bali Badjra Sandhi, Denpasar, ruas jalan sekitarnya mulai ditutup oleh anggota TNI maupun Polri sejak Jumat pagi (13/6) hingga sekarang. Penutupan ini dilakukan untuk persiapan dan penyeterilan sekitar panggung pembukaan.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, PKB rencananya dibuka oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono Sabtu (14/6) sekitar pukul 15.00 Wita. Akibatnya sejak hari ini sekitar museum menjadi sibuk. Puluhan penari remaja dan anak-anak melakukan latihan terakhir sebelum pembukaan. Mereka dilatih khusus dan merupakan mahasiswa Institut Seni Indonesia Bali. Selain itu, puluhan pekerja masih menghias panggung dan pagar atau sekitar panggung. Beberapa pekerja juga memperbaiki patung-patung di gerbang museum.

Pesta tahunan ini menghabiskan dana Rp 3,9 miliar. Sebanyak 130-an kesenian berbagai tarian dari daerah Bali dan luar Bali termasuk mancanegara bakal dipertontonkan selama 14 Juni hingga 12 Juli. Sekitar 4.000 pekerja seni terlibat dalam Pesta Kesenian Bali ini. (Ayu Sulistowati)

Sumber: www.kompas.com (13 Juni 2008)