Parade Seni Budaya Blora Siap Digelar

Blora, Jateng - Parade Seni dan Budaya (PSB) dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-262 Blora, siap digelar Sabtu (17/12). Kepala Dinas Perhubungan Pariwisata Kebudayaan Komunikasi dan Informatika (DPPKKI) Blora, Bondan Sukarno, mengemukakan parade seni budaya diperkirakan bakal diikuti ratusan kelompok.

Diantaranya kelompok 26 SMP, 18 SMA dan 42 kelompok umum. Selain itu juga kelompok dari satuan kerja perangkat daerah (SKPD). ''Mereka sudah memastikan diri berpartisipasi dan akan menyuguhkan penampilan terbaiknya,'' tandas Bondan, Kamis (15/12).

Kepala Bidang Kebudayaan DPPKKI, Suntoyo menambahkan setiap peserta selama lima menit akan unjuk kebolehan di depan panggung kehormatan di kawasan alun-alun. Selanjutnya setiap kelompok berjalan kaki menyusuri jalan Pemuda, Ahmad Yani dan finis di depan gedung DPRD.

Suntoyo mengemukakan parade seni budaya itu digelar untuk menyongsong tahun kunjungan Jateng 2013. ‘’Parade seni budaya kami jadwalkan rutin digelar rutin setiap tahun. Yakni diawali tahun ini,’’ katanya.

Selain itu maksud dari kegiatan parade adalah untuk menumbuhkembangkan rasa kebangsaan dan cinta terhadap seni budaya daerahnya sendiri. Juga sebagai wahana berkreasi, berapresiasi serta meningkatkan prestasi seniman.

‘’Tak lupa pula tujuannya adalah untuk menarik wisatawan lokal maupun manca negara datang ke Blora. Kami sediakan hadiah untuk pemenang parade,’’ tandasnya.

Hadiah antara lain untuk penyaji terbaik di semua kategori parade. Dalam parade, setiap kelompok diperkenankan menampilkan kesenian yang digelutinya. Misalnya tradisi yang berkembang di masyarakat seperti upacara adat dan sedekah desa. Selain itu juga ada barongan, kentrung, wayang orang, wayang thengul, hadrah termasuk juga tari kontemporer.

Sejumlah kelompok seni budaya memastikan bakal tampil all out di even yang baru kali pertama digelar di Blora tersebut.

‘’Intinya kami sudah siap tampil. Tentu kami akan menyuguhkan penampilan terbaik, apalagi ini baru kali pertama,’’ ujar Diman, salah seorang kru kelompok seni barongan asal Kecamatan Ngawen.

Dia maupun rekan-rekannya berharap penampilan mereka tidak terganggu karena turunnya hujan. Ia pun menghendaki saat parade digelar, suasana cerah menyelimuti Blora.

‘’Ya moga-moga tidak hujan saat parade digelar,’’ katanya.