Keistimewaan Perhelatan Festival Mahakam ke-13 Tahun Ini

Samarinda, Kaltim - Festival Mahakam ke-13 tahun 2013 akan kembali digelar dari tanggal 1 - 3 November mendatang.
"Kembali kami gelar event tahunan Festival Mahakam yang ke 13 tahun ini pada tanggal 1-3 November 2013," kata kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Kominfo (Disbudparkominfo) Samarinda, HM Faisal, belum lama ini.
Faisal mengatakan, ada yang istimewa para festival tahun ini. Di mana khusus Dragon Race atau Perahu Naga akan mengundang kota-kota lain yang ingin berpartisipasi.  Dan tak ketinggalan hadiah - hadiah menarik juga sudah menanti seperti lomba untuk perahu dengan 20 dan 10 pedayung akan memperebutkan Piala Tetap Walikota Samarinda dengan total hadiah Rp 100 juta.  Kemudian untuk Lomba Berenang Menyeberangi Sungai Mahakam total hadiah Rp 20 juta , serta Lomba Speed Boat dengan total hadiah 30 juta rupiah.
"Melalui pemberitaan ini sekaligus juga kami mengundang peserta baik dari dalam wilayah Kalimantan Timur maupun di luar propinsi yang ingin berpartisipasi, jika memang belum menerima undangan partisipasi di Festival Mahakam 2013 dari panitia pelaksana, dipersilakan untuk mendaftar ke sekretariatan panpel," kata Faisal.
Bukan itu saja, panitia juga kata Faisal akan kembali menggelar kegiatan Pemecahan Rekor MURI yang akan dipusatkan di Islamic Center Samarinda.
"Insyaallah akan kita pecahkan dua rekor MURI sekaligus untuk menambah semarak Festival Mahakam 2013 ini, pada hari Sabtu 2 November 2013 yang kami beri title "3000 Ibu dan 500 Bapak Hebat"  seluruh warga kota Samarinda bisa berpartisipasi mendukung," katanya.
Beberapa kegiatan lain juga tetap diselenggarakan antara lain, Lomba Perahu Tambangan, Festival Band Indie, Parade Band Pub, Lomba Tari Pesisir & Tari Pedalaman, Pawai Budaya Nusantara, Upacara Hudoq Kawit, Mahakam Expo dan Mahakam Jazz Fiesta. Dan pendaftaran peserta telah mulai dari 2 September 2013 ini. Untuk Informasi lebih lanjut dapat menghubungi sekretariat di kantor Disbudparkominfo Jalan Dahlia Samarinda.
"Pendaftaran peserta untuk semua kegiatan dan lomba sudah kami mulai sejak hari Senin, 2 September 2013, silahkan kontak panpel melalui sekretariatan  kami ," kata Faisal.