Wagub Jabar Minta Gali Potensi Seni dan Budaya

Tasikmalaya, Jawa Barat - Wakil Gubernur Jawa Barat, Dede Yusuf meminta kepada seluruh lapisan masyarakat dan pemerintah kota/kabupaten untuk menggali kesenian budaya daerah masing-masing.

"Gali potensinya dan beri ruang kesenian tradisional untuk bisa tampil," katanya saat menghadiri pembukaan pesta hiburan rakyat HUT Kota Tasikmalaya, Senin malam.

Ia menjelaskan upaya memperhatikan dan melestarikan kesenian dan kebudayaan yang dimiliki oleh setiap daerah diharapkan mampu dikenali oleh negara di dunia.

Selain itu kebersamaan menggali potensi kesenian dan budaya diharapkan bangsa lain menghargai serta menghormati bangsa Indonesia yang serius mengembangkan segala aspek kesenian dan kebudayaan yang berada di Tanah Air khususnya Jawa Barat. "Kami harap potensi yang ada harus dikembangkan," katanya.

Sementara itu Dede berharap para pengusaha atau setiap perusahaan dalam mengadakan ivent tertentu melibatkan para budayawan dan seniman dalam memeriahkan suatu acara.

Upaya tersebut agar para seniman dan budayawan merasa dihargai bisa tampil dalam setiap acara kegiatan tahunan atau sebuah penyambutan.

"Memanfaatkan seni tradisional dengan menggunakan jasa mereka agar budayawan merasa dihargai," katanya.

Acara ini selain dihadiri oleh Dede Yusuf dihadiri pula oleh walikota Tasikmalaya Syarif Hidayat, beserta wakilnya Dede Sudrajat dan para tokoh masyarakat, unsur TNI Polri serta warga yang memadati kawasan pesta rakyat di jalan Otto Iskandardinata.

Sementara itu Kabag Humas pemerintah Kota Tasikmalaya, Asep Permana, mengatakan HUT Kota Tasikmalaya sengaja dirayakan dengan pagelaran kesenian dan kebudayaan dari masayarakat yang tersebar di 10 Kecamatan.

Menurutnya, Kota Tasikmalaya memilki beragam kesenian salah satunya Angklung Badud, kesenian musik khas Tasikmalaya yang hingga saat ini masih dilestarikan.

Bahkan beragam kerajinan seperti anyaman bambu dan batik tulis masih tetap diproduksi masyarakat Kota Tasikmalaya.

"Upaya kami dalam mengembangkan potensi daerah, telah dibentuk sentra-sentra di beberapa daerah di Kota Tasik," katanya.

-

Arsip Blog

Recent Posts