Babel Gelar Festival Serumpun Sebalai

Pangkalpinang, Babel - Provinsi Bangka Belitung (Babel) menggelar festival budaya atau Festival Serumpun Sebalai di Kota Pangkalpinang, 11-14 Juli sebagai upaya melestarikan dan mewariskan budaya daerah kepada generasi muda. "Festival budaya dengan tema `membangun seni daerah dan membuka jendela budaya` ini akan dibuka Sabtu malam," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Babel Yan Megawandi di Pangkalpinang, Sabtu (11/7).

Ia mengatakan dalam festival budaya yang digelar untuk kelima kalinya ini ditampilkan sejumlah atraksi seni tari, lagu daerah, musik tradisional, fun bike, lomba lukis motif cual, festival lagu melayu, lomba model busana daerah serta pawai budaya. "Karya seni dan budaya dari sejumlah sanggar tari di Babel akan ditampilkan dalam festival ini. Bagi kalangan generasi muda, ini kesempatan untuk berkreasi," katanya.

Menurut dia, festival kali ini lebih semarak dibanding sebelumnya, karena pesertanya juga dari provinsi lain seperti Kalimantan Barat, Sumatra Barat, Lampung dan Jambi. "Peserta tamu dari luar negeri juga diundang, di antaranya Thailand, Singapura dan Malaysia," katanya. Ia mengatakan, festival budaya ini merupakan kegiatan rutin dinas kebudayaan dan pariwisata untuk mengembangkan seni dan budaya daerah.

Melalui kegiatan ini, kata dia, sekaligus untuk menyeleksi sangar seni dan budaya terbaik, yang nantinya bisa menjadi andalan daerah untuk mengikuti berbagai festival seni dan budaya tingkat nasional maupun internasional. Selain itu, menurut Yan Megawandi, melalui festival ini juga diharapkan dapat menggairahkan dunia kepariwisataan Babel guna menyongsong Visit Babel Archie 2010. "Dengan keikutsertaan provinsi lain, bahkan beberapa negara tetangga, bisa dimanfaatkan oleh Babel untuk mempromosikan potensi pariwisata daerah ini," jelasnya. (Ant/OL-01)

Sumber: http://www.mediaindonesia.com 14 Juli 2009