Malaysia Ramaikan Parade Budaya Nusantara di Bali

Jakarta - Polemik tentang Tari Pendet antara Indonesia dengan Malaysia yang sempat memanas tidak menyurutkan niat seniman negeri Jiran ini mengikuti Parade Budaya Nusantara di Bali yang digelar di Kabupaten Jembrana, Selasa (1/9). Parade budaya ini dibuka oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata, Jero Wacik. Parade budaya yang digelar untuk merayakan HUT Jembrana ke-144 tahun ini rencananya diikuti empat negara, yaitu Malaysia, Singapura, Cina, dan Jepang.

Namun, hanya Malaysia yang ikut meramaikan parade di daerah paling barat pulau Dewata. Sebanyak enam orang warga Malaysia terlibat dalam parade ini. Mereka mempersembahkan tari kreasi serta membagikan bendera kecil ke warga yang memadati menyaksikan parade ini. Parade Budaya Nusantara ini diikuti sebanyak 23 kabupaten di Indonesia, di antaranya Banyuwangi, Kediri, Klaten, dan Jember.

Jero Wacik mengatakan pagelaran budaya yang digelar tiap daerah dapat meningkatkan kunjungan wisatawan asing ke Indonesia. Ia pun mendorong tiap daerah mengembangkan budaya dan kesenian untuk menunjang pariwisata tanah air. "Pariwisata Indonesia akan meningkat dengan berbagai kegiatan kebudayaan seperti ini," kata Wacik. (gds/irw)