Padang Tandingkan Perahu Naga dari 7 Negara

Padang, Sumatra Barat - Tujuh negara dipastikan ikut dalam Lomba Perahu Naga Internasional (Dragon Boat) ke-VII yang digelar Pemerintah Kota Padang Sumatra Barat (Sumbar) di Banda Bakali (Kanal) GOR H Agus Salim Padang pada 31 Juli - 2 Agustus 2009. Tujuh negara tersebut yakni Filipina, Malaysia, China, Makau, Hongkong, Singapura, dan Brunei Darussalam.

"Dari kontak terakhir diperoleh pihak panitia, total peserta asing yang ikut berlomba mencapai 14 tim," kata Ketua Panitia Pelaksana Lomba Dayung Perahu Naga Internasional (Dragon Boat) ke-VII Padang, Firdaus Ilyas, di Padang, Rabu (22/7).

Selain peserta asing, ajang wisata yang digelar dalam rangka HUT ke-339 Kota Padang itu juga diramaikan pendayung asal 21 Provinsi di Indonesia. "21 tim PODSI se Indonesia, sudah memastikan ikut berlaga, ditambahkan dengan puluhan peserta asal kesatuan khusus, seperti Lantamal, Pangarmabar, dan lain-lain," katanya.

Dia mengatakan, dalam ajang Lomba Perahu Naga Internasional ke VII ini, tim panitia menampilkan kelas baru bernama Mix-Class. Yakni, kelas perlombaan baru yang diikuti pendayung campuran (lelaki dan perempuan) pada satu perahu. "Kelas ini, justru disetujui panitia pusat masuk dalam kategori perlombaan bukan eksebisi," katanya.

Kota Padang menggelar Lomba Perahu Naga tingkat nasional sejak Tahun 2002, dan kini sudah menjadi agenda rutin dari Persatuan Perahu Naga Dunia (IDBF). Lomba ini memiliki beberapa jenis ketegori pertandingan, di antaranya, Perahu Naga dengan pendayung 10, 20, dan 22 orang, dengan jarak tempuh (race) 200 meter, 250 meter, 500 meter, dan 1.000 meter. (Ant/OL-01)

-

Arsip Blog

Recent Posts