Dongkrak Ekonomi dengan Mengembangkan Pariwisata

Sukadana, Kalimantan Barat - Sektor pariwisata bisa menjadi alternatif dalam mengembangkan perekonomian di Kabupaten Kayong Utara. Aneka potensi dimiliki kabupaten ini, termasuk panorama alam, merupakan sektor yang perlu digarap maksimal.

Pemuda Teluk Melano, Kecamatan Simpang Hilir, Kabupaten Kayong Utara, Raden Rahmadianto mengatakan, potensi wisata di Kayong Utara dapat dikemas menjadi industri pariwisata. Dengan semakin ramai warga antar daerah, antar provinsi dan antar negara yang berkunjung ke Kayong Utara maka akan mampu menggerakkan sektor riil.

“Dengan bergeraknya usaha transportasi, jasa penginapan, rumah makan, dan lain-lain, maka akan dapat berimbas pada membuka lapangan pekerjaan. Dari pekerjaan itulah, masyarakat dapat penghasilan dan dapat berinteraksi untuk menambah wawasan,” katanya, belum lama ini.

Apalagi KKU, kata dia, memiliki objek wisata yang cukup memungkinkan untuk dikemas. Mulai dari wisata budaya, wisata alam, wisata sejarah dan masih banyak lagi lainnya. Hal tersebut, menurutnya, sebuah potensi untuk menarik wisatawan dan mengembangkan ekonomi daerah.

Menurut Raden Rahmatdianto, masyarakat KKU mesti mendukung pengembangan wisata. Salah satunya melalui serangkaian program visit Kalbar 2010. Karena itu, dia berharap masyarakat untuk mengembangkan nilai-nilai perilaku budaya positif. “Upaya ini dapat dilakukan dengan menciptakan suasana tertib, bersih, indah dan bersikap ramah terhadap siapa pun,” tandasnya.

Hal senada juga diutarakan Yamani, pemuda Kecamatan Teluk Batang. Menurut dia, pariwisata di Kayong Utara bisa dikembangkan. Terutama, wisata alam yang bisa dijual untuk menarik wisatawan. “Wisata alam harus digencarkan dalam arti dipromosikan, ini prospek dan juga tidak perlu biaya yang besar,” ujarnya. (lud)

-

Arsip Blog

Recent Posts