NTT Gelar Turnamen Mancing Internasional

Kupang, NTT - Pemerintah Nusa Tenggara Timur (NTT) akan menggelar Turnamen Mancing Internasional (The East Nusa Tenggara Grandprix Game Fishing Tournament 2009) pada awal November mendatang. "Turnamen ini untuk memperebutkan Piala Presiden RI, Piala Gubernur NTT, Piala Bupati Kupang, Piala Bupati Rote Ndao, dan Piala Bupati Sumba Timur," kata Kabid Destinasi Pariwisata pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTT, Welly Pah di Kupang, Senin (14/9).

Ia menjelaskan, turnamen tersebut akan digelar di tiga kabupaten, yakni Sumba Timur di Pantai Kalala, Kupang di Polairud Bolok, dan Rote Ndao di Pantai Ba'a, ibu kota kabupaten tersebut selama dua hari. Pada setiap turnamen akan diterapkan peraturan turnamen yang sama, sedangkan kategori hadiah dan besarnya hadiah berupa piala, piagam, dan uang yang disiapkan masing-masing Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kabupaten setempat. Dia mengatakan, nilai poin yang diperoleh setiap peserta pada setiap seri turnamen akan dicatat dan dijumlahkan dimana tim peserta yang berhasil mendapatkan poin tertinggi dari tiga serie tersebut akan dinobatkan sebagai juara umum turnamen NTT Grandprix tahun 2009 dan berhak memegang piala bergilir dari Presiden RI sampai turnamen Grandprix berikut.

Menurut dia, turnamen mancing tahun ini jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. "Kalau sebelumnya hanya memperebutkan piala Gubernur NTT dan hanya dilaksanakan di Kabupaten Kupang, sedangkan tahun 2009 ini memperebutkan piala presiden dan dilaksanakan di tiga lokasi yang berbeda," katanya. Para peserta dari luar, kata dia, berasal dari Amerika Serikat, Jerman, Prancis, Belanda, Australia, Jepang, Malaysia, Singapura dan Timor Leste. "Sedangkan peserta dalam negeri berasal dari Jakarta, Surabaya, Bali, NTB dan juga group mancing mania dari Trans7 TV serta grup-grup mancing dari NTT," kata Welly Pah.

Dia menambahkan, turnamen yang akan menjadi agenda tetap tahunan itu bertujuan mengembangkan even wisata bahari, khususnya turnamen mancing sebagai salah satu produk paket pada daerah destinasi unggulan. Selain menumbuhkan kesadaran, kepedulian dan rasa cinta bahari pada masyarakat, mempromosikan potensi kelautan NTT sebagai tempat kegiatan bahari seperti Fishing, Surfhing, Diving dan Sailing.

"Kita juga ingin menumbuhkembangkan minat dan kecintaan masyarakat di NTT terhadap olahraga mancing, sekaligus meningkatkan peran serta masyarakat, instansi terkait dan pelaku pariwisata dalam pengembangan even-even tetap berupa atraksi wisata bahari," tambahnya. Turnamen mancing internasional ini diselenggarakan atas kerjasama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTT, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sumba Timur, Pariwisata Kabupaten Kupang dan Rote Ndao dan Federasi Olah Raga Mancing Seluruh Indonesi (Formasi) NTT. (Ant/OL-04)

-

Arsip Blog

Recent Posts