Pengunjung Kebun Binatang Medan Tembus 18.000 Orang

Medan, Sumut - Selama libur Lebaran, sedikitnya 18.000 orang berasal dari berbagai kabupaten dan kota di Provinsi Sumatera Utara mengunjungi Kebun Binatang Medan. Pelaksana Harian Kebun Binatang Medan, Tom Adlin Hajar, mengatakan, jumlah pengunjung libur Lebaran kali ini meningkat tajam, yakni sebesar 25 persen, jika dibandingkan tahun lalu. Areal seluas sekitar 50 hektare yang dihuni 100 spesies satwa tersebut, memiliki hewan favorit bagi setiap pengunjung yang datang ke tempat itu, seperti empat ekor harimau Sumatera, dua ekor orangutan dan beberapa beruang madu.

Dikatakannya, sejak tiga tahun terakhir empat ekor beruang madu lain yang dipelihara di tempat itu mati, karena usianya yang sudah tua. "Kami selalu berupaya untuk menambah satwa lain, agar jumlah satwa di tempat ini semakin banyak," ujarnya. Ia mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan menambah beberapa ekor satwa yang akan dipelihara di tempat itu, di antaranya satu ekor unta yang didatangkan dari Solo dan sepasang harimau putih dari Kebun Binatang Ragunan. Sebagai upaya memberikan pelayanan kepada para pengunjung, pengelola Kebun Binatang Medan juga memberikan fasilitas permainan seperti sampan putar, flying fox dan panggung hiburan rakyat.

Khotimah, salah seorang warga Kabupatan Deli Serdang, Sumut yang mengunjungi tempat wisata itu mengaku, sangat terhibur saat melihat satwa yang dipelihara di kebun binatang itu. Selain biaya yang murah untuk mengunjungi tempat wisata tersebut, ia juga dapat mengajarkan anggota terutama anak yang dibawanya untuk lebih menyanyangi binatang. "Lumayan murah lah harga tiketnya, cocok bagi kantong yang pas-pasan," katanya. Namun, dia sedikit menyayangkan tidak adanya fasilitas aula yang dapat menampung ratusan orang untuk berteduh saat hujan mengguyur di areal tersebut. "Saya harap, ke depannya pihak pengelola Kebun Binatang Medan dapat memberikan fasilitas umum agar pengunjung lebih betah saat mengunjungi tempat ini," katanya. (dat06/ann)

-

Arsip Blog

Recent Posts