Lokomotif Uap Hidupkan Kejayaan Kereta Sawahlunto

Padang- Rencana dioperasikannya kembali lokomotif uap akan menghidupkan kenangan atas kejayaan kereta api di Sawahlunto, Sumatera Barat. Kereta api yang ditarik lokomotif uap ini pernah melegenda saat pertambangan batu bara masih marak di kota arang ini.

Wali Kota Sawahlunto, Amran Nur, mengatakan pemko Sawahlunto kini teangah menanti pengiriman lokomotif uap dari Ambarawa ke Sawahlunto. Tahun 2009, lokomotif uap ditargetkan mulai beroperasi di Sawahlunto.

"Kami akan memperbaiki gerbong tua yang sudah rusak agar bisa digunakan juga untuk rangkaian kereta dengan lokomotif uap ini. Ini akan menimbulkan sensasi tersendiri," tutur Amran yang ditemui saat peluncuran kereta ekonomi Dang Tuanku di Kota Padang, Minggu (14/9).

Lokomotif uap mempunyai kekhasan tersendiri seperti bunyi lokomotif, uap yang dihasilkan, hingga debu dari uap yang bisa mengotori penumpangnya terutama bila kereta tengah melewati terowongan. Ini semua yang direncanakan akan dilaksanakan kembali di Sawahlunto. (Agnes Rita Sulistyawaty)

Sumber: www.kompas.com (14 September 2008)
-

Arsip Blog

Recent Posts