Pemkot Bukittinggi Benahi Objek Wisata

Bukittinggi- Pemkot Bukitinggi, Sumbar, melalui Kantor Periwisata Seni dan Budaya (Persenibud) mulai melakukan pembenahan sejumlah obyek wisata unggulan di daerah, guna menyambut kunjungan wisatawan pada libur lebaran Idulfitri 1429 H.

"Pembenahan sudah mulai dilakukan minggu lalu (9/9), berupa pengecatan dan perbaikan infrastruktur bermasalah," kata Kepala Kantor Persenibud, Nasrul M Pietra, di Bukittinggi, Selasa.

Pembenahan obyek wisata di antaranya Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan (TMS-BK), Panorama Lubang Japang, Jenjang 1000 dan sejumlah lokasi lainnya.

"Pembenahan tersebut sudah dianggarkan dalam APBD tiap tahunnya, dan rutin dilakukan," katanya.

Khusus Panorama Lubang Japang perawatannya sudah dianggarkan dalam APBD Rp150 juta dan perbaikannya diperkirakan tuntas satu minggu jelang lebaran.

Kota Bukittinggi memiliki sejumlah obyek wisata unggulan dan sering di kunjungi wisatawan domestik dan wisatawan mancanegara, seperti Taman Jam Gadang, TMS-BK dan Panorama Lobang Japang.

Kota wisata berhawa sejuk ini selalu menjadi tujuan utama wisatawan domestik berkunjung ke Sumbar, terutama asal provinsi tetangga seperti Riau, Jambi, Bengkulu dan Jakarta.

Tiap tahun ribuan warga asal sejumlah daerah dan kabupaten/kota memadati pusat kota yang terfokus di seputar Jam Gadang Bukittinggi.

Kota Bukittinggi Sumbar juga memiliki sejumlah objek wisata belanja yakni pasar Atas, Bawah dan Lereng.

Pasar-pasar tradisional ini selalu menjadi lokasi kunjungan wisatawan karena menawarkan sejumlah barang kerajinan, pakaian dan sepatu dengan harga murah dan terjangkau serta kualitas yang bagus.

Sumber: www.antara.co.id (17 September 2008)
-

Arsip Blog

Recent Posts