Pulau Jemur akan Dijadikan Objek Wisata Andalan

Pekanbaru, Riau - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil), Provinsi Riau akan mengembangkan Pulau Jemur menjadi objek wisata unggulan.

Rencana itu disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Rohil, Syafri Marat di Pekanbaru, Senin.

Ia menjelaskan, Pulau Jemur bisa menjadi objek wisata unggulan apabila terus dikembangkan mengingat lokasinya yang berbatasan langsung dengan negara tetangga yakni Malaysia.

Pulau Jemur berjarak sekitar 45 mil dari Kota Bagan Siapiapi, Kecamatan Bangko, Rokan Hilir dan sekitar 45 mil dari Malaysia. Pulau Jemur juga berlokasi tidak jauh dari provinsi tetangga yakni Sumatera Utara.

Syafri menambahkan, Pulau Jemur sebenarnya merupakan gugusan pulau yang terdiri dari beberapa pulau antara lain, Pulau Tekong Emas, Pulau Tekong Simbang, Pulau Labuhan Bilik, serta pulau kecil lain.

Selain memiliki panorama yang indah, pulau itu juga memiliki hasil laut yang melimpah. "Pada musim tertentu penyu naik ke pantai untuk bertelur. Satwa langka ini dapat bertelur sebanyak 100 sampai 150 butir setiap ekor," katanya.

Selain itu, di Pulau Jemur juga terdapat beberapa potensi wisata lain di antaranya Goa Jepang, Menara Suar, bekas tapak kaki manusia, perigi tulang, sisa pertahanan Jepang, batu Panglima Layar, Taman Laut, dan pantai berpasir kuning emas.

Ia mengatakan pengembangan Pulau Jemur tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat, tetapi harus dilakukan secara bertahap.

Namun demikian, ia mengaku tidak dapat merinci berapa banyak waktu dan biaya yang dibutuhkan untuk mengembangkan Pulau Jemur. "Yang pasti dalam beberapa tahun terakhir kami sudah memulai tahapan pengembangannya," katanya. (Ant/OL-03)

Sumber: www.antara.co.id (26 Agustus 2008)
-

Arsip Blog

Recent Posts