Festival Reog Mini, Melestarikan Warisan Budaya Leluhur

Ponorogo, Jatim - Reog, adalah salah satu kesenian tradional asal Kabupaten Ponorogo. Agar kesenian asli ini tidak punah, Pemkab Ponorogo mencoba melakukan regenerasi dengan menggelar Festival Reog Mini.
Festival Reog dalam rangka HUT Kabupaten Ponorogo ke 517 ini diikuti 28 kelompok Reog dari kota Ponorogo maupun luar kota.
Ratusan bocah dari beberapa daerah ini pun mencoba menampilkan tarian Reog dengan kreasi masing-masing, dan berusaha menjadi yang terbaik.
"Kita gelar selama beberapa hari, dalam rangka memperingati hari jadi Ponorogo tahun ini," kata Wakil Bupati Ponorogo Yuni Widianingsih, saat berbincang dengan detikcom, Rabu (11/9/2013).
Menurut Ida, Festival Reog Mini ini selain sebagai upaya untuk melestarikan budaya reog sejak usia dini, juga sebagai bentuk penghargaan kepada anak-anak dan remaja Ponorogo dan sekitarnya, yang selama ini menggeluti dunia seni khususnya Reog ponorogo.
"Festival ini sekaligus untuk regenerasi, agar kesenian reog yang kita cintai ini tidak pudar ditelan zaman," imbuhnya.
Reog mini ini secara umum tidaklah berbeda dengan reog profesional. Yang membedakan hanyalah ukuran barongan dan dadak meraknya saja, yang memang didesign agak kecil dibanding reog professional.
-

Arsip Blog

Recent Posts