Galakkan Masyarakat Sadar Wisata

Batam, Kepri - Selama dua bulan menggelar Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kelurahan Sijantung, Kecamatan Galang, 25 mahasiswa UGM Yogyakarta akan memperbanyak edukasi sadar wisata bagi warga setempat. Budaya sadar wisata dianggap penting, mengingat Batam sedang bersiap menyambut program Visit Batam Year 2010.

Bagus, salah satu mahasiswa UGM mengatakan, Galang memiliki potensi wisata sejarah di eks Camp Vietnam dan wisata bahari di Pantai Melur. Menurutnya, budaya sadar wisata ini menjadi bagian penting dalam mengembangkan potensi wisata suatu daerah.

”Ini sangat penting. Makanya kami rutin presentasi sadar wisata di setiap RT,” kata Bagus saat menghadiri pembukaan FASI ke-10 di Masjid Baiturrahman Galang, beberapa waktu lalu.

Bagus menambahkan, sadar wisata harus dibangun sejak dari tingkatan paling kecil yaitu masing-masing individu. Sehingga, pada akhirnya membentuk masyarakat maupun kelompok yang lebih besar lagi yang memiliki kepedulian dan kesadaran tinggi terhadap pembangunan pariwisata di lingkungannya.

Program meningkatkan budaya sadar wisata ini sudah dimulai dengan kerjabakti bersama warga untuk membersihkan Pantai Melur. Selebihnya, para mahasiswa juga memberikan penyuluhan dan pengarahan seputar potensi ekonomi yang bisa diperoleh dari sektor pariwisata.

“Jika wisata maju, roda ekonomi warga setempat juga akan ikut bergerak. Namun perlu cara cermat untuk menangkap potensi ini,” kata Bagus lagi.

Para mahasiswa juga mengakui pesona wisata bahari yang dimiliki Batam. Jika mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah, pesona wisata bahari ini akan menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan mancanegara.

“Apalagi akses ke Batam, baik melalui transportasi udara maupun laut, sangat mudah. Pemerintah tinggal memaksimalkan potensi wisata yang ada dan menyiapkan SDM lokal untuk mendukung Visit Batam Year 2010 nanti,” terang mahasiswa berambut panjang ini.

-

Arsip Blog

Recent Posts