November, Makassar International Festival Diluncurkan

Jakarta - Kementerian Budaya dan Pariwisata (Kemenbudpar) akhirnya mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar meluncurkan even Makassar International Festival 2011 pada November mendatang. Rencananya, peluncuran even ini akan digelar di Kantor Kemenbudpar, Jakarta, 5 November dihadiri dubes sejumlah negara, pelaku dan industri pariwisata nasional, serta tokoh Sulsel di Jakarta.

Dirjen Pemasaran Pariwisata Kementerian Budaya dan Pariwisata, Sapta Nirwandar mengungkapkan hal ini saat membahas program Visit Makassar 2011 dengan Wali Kota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin bersama jajarannya.

Dalam pertemuan ini, turut hadir anggota DPRD Makassar, Farouk M Betta, Bappeda Kota Makassar Idris Patarai, Kepala Dinas Pariwisata Makassar Rusmayani, dan perwakilan pelaku wisata, Nico B Pasakah.

"Dengan memperkenalkan even ini ke dunia luar, tingkat kunjungan wisatawan manca negara diharapkan dapat meningkat. Termasuk dunia pariwisata di Makassar akan ikut terdongkrak. Kami dari kementerian siap mendukung acara ini, baik dari sisi kegiatan dan anggaran. Sekarang, tinggal bagaimana pemerintah mengemas acara tersebut," kata Sapta.

Menurutnya, even Makassar International festival 2011 merupakan kegiatan yang akan mengawali program Visit Makassar 2011. Dalam event ini, diperlukan kemasan acara dan promosi yang baik agar para perwakilan negara-negara luar, utamanya yang punya nilai sejarah dengan Makassar seperti Belanda dan Afrika Selatan bisa mengetahui kegiatan tersebut.

Menurut Wali Kota Makassar, Ilham Arif Sirajuddin festival ini merupakan cikal bakal pelaksanaan kegiatan Visit Makassar 2011 yang berskala internasional. Even seperti ini bisa menjadi pintu masuk dari kegiatan-kegiatan internasional yang akan digelar oleh pemerintah sehingga kemasannya pasti akan meriah. Apalagi, Pemkot melibatkan banyak pelaku dan industri pariwisata dalam event ini.

"Dalam even ini, akan ada beberapa kegiatan. Seperti peluncuran Visit Years Makassar and Beyond 2011, membuat komitmen bersama membangun kepariwisataan, jelajah sutera bersama ibu negara (silk tail), serta berbagai kegiatan lain. Ada juga nanti makan malam di cruise dengan berbagai makanan pilihan tradisional dan masih banyak lainnya," kata Ilham. (die)

-

Arsip Blog

Recent Posts