Taman Safari Gagas Lomba Foto Satwa Internasional

Bogor, Jawa Barat - Taman Safari Indonesia (TSI) Cisarua, Bogor, menggagas lomba foto satwa internasional pada 2010 mendatang, setelah sukses menyelenggarakan lomba foto satwa tingkat nasional hingga 19 kali.

Direktur TSI Frans Manangsang di Bogor, Jawa Barat, Minggu (8/11) mengatakan, dari tahun ke tahun animo para peserta dari seluruh daerah di Indonesia untuk mengikuti Lomba Foto Satwa Nasional (LFSN) terus meningkat. "LFSN TSI selalu mendapatkan perhatian besar dari peserta. Kami menargetkan mulai tahun 2010 mendatang dapat menggelar even ini secara internasional dengan menyertakan peserta dari berbagai negara di dunia," paparnya.

Dengan tingginya animo masyarakat mengikuti lomba foto satwa TSI, Frans berharap ajang berkaliber internasional yang digagas mulai tahun depan dapat berjalan sukses. Melalui ajang tersebut, Frans berharap keberadaan dan pamor TSI sebagai wahana wisata satwa terbaik kebanggaan Indonesia semakin dikenal masyarakat dunia. Ke depan diharapkan wisatawan asing yang berkunjung ke TSI semakin meningkat.

Sementara itu, dalam memperingati Hari Cinta Puspa dan Satwa (HCPS), TSI kembali menggelar Lomba Foto Satwa Nasional (LFSN) dengan hadiah bernilai ratusan juta rupiah.

Frans mengatakan, selain dikemas dengan peringatan HCPS, pembagian foto lomba satwa juga sekaligus sebagai wahana memperingati Hari Lingkungan Hidup Dunia. "Lomba foto satwa ini kami gagas untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup serta Hari Cinta Puspa dan Satwa," katanya.

Pembagian hadiah LFSN tersebut dilangsungkan di Rimba Foodcourt TSI, Cisarua, Kabupaten Bogor, Sabtu (7/11). Lebih lanjut Frans mengemukakan, kegiatan lomba foto nasional TSI tahun ini diikuti sebanyak 5.817 foto yang dikirim para peserta dari berbagai kota/kabupaten di seluruh Indonesia.

Menurut Frans, LFSN TSI tahun ini merupakan ajang yang ke-19, dengan memperebutkan total hadiah senilai Rp135 juta. Frans yang juga ketua tim juri LFSN menambahkan, pada lomba foto tahun ini dewan juri tidak memilih juara I, karena tidak ada foto yang masuk sesuai dengan kriteria dan standar yang ditetapkan panitia.

Juara tertinggi lomba ini yaitu juara II atas nama Gathot Subroto dari Tangerang dengan judul foto Dekapan mama, sedangkan juara III diraih oleh Bayu Husodo dari Batam dengan judul Perjalanan.

Juara II mendapatkan hadiah berupa tropi TSI, uang tunai Rp10 juta, Camera Canon digital, camera power shot G10, Canon Media Strong M80 senilai Rp13,5 juta, voucher menginap 1 malam di Caravan Camping Ground, dan tiket Garuda Jakarta - Surabaya PP.

Juara III, berhak mendapatkan uang tunia Rp7,5 juta, Canon Flash Memory Camcorder FSI I senilai Rp8 juta, voucher menginap 1 malam di Caravan Camping Ground TSI.

Selain menetapkan juara II dan III, juri juga memberikan apresiasi pada 15 pemenang harapan. Masing-masing berhak mendapatkan uang tunai Rp2 juta dan voucher menginap 1 malam di Caravan Camping Ground.

Penyerahan hadiah kepada para pemenang LFSN tersebut dihadiri ratusan mitra dan relasi TSI. Dari kantor Kementerian Negara Lingkungan Hidup hadir Deputi Bidang Komuniti dan Pemberdayaan Masyarakat Hendry Bastaman. (Ant/OL-03)

-

Arsip Blog

Recent Posts