Batam Miiki Pura Berornamen Bali dan India

Batam, Kepri - Batam memiliki beberapa objek wisata religi. Selain Masjid Raya dan Maha Vihara Maitreya, Batam juga memiliki Pura Agung Amertha Buana yang juga menyimpan sejuta pesona wisata religi. Pura ini merupakan satu-satunya kompleks peribadatan bagi umat Hindu yang ada di Kota Batam. Di komplek ini sebenarnya terdapat dua bangunan pura, yaitu Pura Padmasana dan Pura Srilalitha. Pura Padmasana merupakan pura Hindu bertradisi Indonesia dengan ornamen khas Pulau Dewata, Bali. Model pura ini yang biasa digunakan oleh umat Hindu di Indonesia. Sedangkan Pura Srilalitha adalah tempat ibadah umat Hindu dengan tradisi India.

Maka tak heran, jika Pura Agung Amertha Buana ini sering dikunjungi para turis dari India yang sedang berada di Batam. Baik untuk sekadar berkunjung dan melihat-lihat, maupun dalam keperluan persembahyangan. “Terutama di hari-hari besar umat Hindu,” kata I Wayan Catra Yasa, Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia Kepulauan Riau, kemarin. Kenyamanan umat Hindu dan para turis yang datang ke Pura Agung Amertha Buana semakin lengkap dengan hadirnya Pondok Santai Kak Dadut di sekitar kompleks pura tersebut. Warung ini menghadirkan beraneka ragam menu masakan khas Bali.

Di warung ini pengunjung dan turis benar-benar disuguhi nuansa khas Bali. Bukan hanya dari jenis menu yang disediakan, tetapi juga tata ruang serta suasana interior warung yang sengaja di setting dengan gaya khas Bali. Selain menyediakan masakan Bali, pondok santai atau warung Kak Dadut ini juga menyediakan aneka masakan khas Lombok. (a)

-

Arsip Blog

Recent Posts