Ribuan Warga Saksikan Pelebon Raja Peliatan Ubud

Ubud, Bali - Ribuan warga dan wisatawan menyaksikan upacara pelebon atau ngaben Ida Dwagung Peliatan, Raja Puri Agung Peliatan IX, di Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali, Selasa (2/11). Rangkaian prosesi berlangsung aman dan lancar dengan penjagaan sedikitnya 300 aparat kepolisian dan ratusan pecalang dari desa-desa di Ubud dan sekitarnya.

Upacara pelebon itu merupakan puncak dari rangkaian upacara yang mulai digelar sejak 3 Oktober. Ida Dwagung Peliatan meninggal pada usia 71 tahun, 21 Agustus 2010.

Tokoh Puri Agung Peliatan yang juga Sekretaris Daerah Kabupaten Gianyar Cokorda Putra Nindia menyatakan, upacara bagi Ida Dwagung sudah lengkap. Mewakili keluarga, ia menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang telah membantu dan mendukung rangkaian upacara tersebut.

Perhatian masyarakat dan wisatawan, baik mancanegara maupun domestik, terhadap rangkaian upacara ini cukup besar karena dilakukan terhadap salah seorang keluarga kerajaan (puri) di Bali. Terakhir, upacara yang mendapat perhatian serupa adalah pelebon anggota keluarga Puri Ubud, Tjokorda Gde Agung Suyasa, Tjokorda Gede Raka, dan Gung Niang Raka, dua tahun lalu.

Suasana riuh rendah terjadi saat jenazah yang ditempatkan di bade (menara jenazah) setinggi 25 meter diarak ratusan orang dari 35 banjar atau dusun dari Kecamatan Ubud dan Kecamatan Tegallalang. Prosesi juga diikuti patung lembu penuh hiasan megah dan disucikan masyarakat Hindu serta patung Nagabanda. Patung naga hanya muncul pada kremasi keluarga puri yang dituakan.

Saat dikremasi, jenazah ditempatkan di atas menara sebagai simbol antara bumi dan langit. Sebuah bhoma (topeng bermuka seram) ditempatkan di belakang menara untuk menakuti roh jahat dan topeng garuda di depan menara. Dengan beban sangat berat, plus kondisi jalan sempit dan penuh sesak manusia, tidak mudah mengusung bade serta patung lainnya.

Selama prosesi itu berlangsung, kepolisian menutup sejumlah ruas jalan ataupun mengalihkan arus lalu lintas untuk menjamin kelancaran upacara yang disakralkan masyarakat itu. (BEN)

-

Arsip Blog

Recent Posts