Dari Lomba Jong sampai Sampan Kolek

Bintan - Guna mempertahankan image sebagai daerah wisata, Dinas Pariwisata kembali menggelar Festival Laut Melayu di Pantai Sebong Pereh, Teluk Sebong.

Festival yang akan dimulai besok, Sabtu (21/6) akan dibuka oleh Gubernur Kepri, Ismeth Abdullah. “Kegiatan ini diharapkan bisa meningkatkan animo positif atas keberadaan pariwisata Bintan,” ujar Kepala Dinas Kabupaten Bintan, Khazalik kepada Batam Pos, Kamis (19/6).

Khazalik menerangkan, sesuai jadwal, festival sendiri berlangsung selama dua hari yaitu 21 – 22 Juni. Adapun kegiatan festival ini sama seperti tahun lalu yaitu menggelar berbagai permainan rakyat mulai lomba gasing, lomba sampan Jong dan sampan kolek.

Mengenai peserta yang akan ikut ambil bagian dalam lomba, Khazalik menerangkan jumlahnya diperkirakan tidak akan jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Untuk peserta lomba sampan kolek atau sampan tradisional masyarakat Tambelan sekarang yang mendaftar baru 21 tim.

Karena pendafaran masih berlanjut, dimungkinkan jumlah peserta lomba sampan kolek bakal terus bertambah. “Kalau tahun lalu jumlahnya mencapai 31 peserta,” jelas Khazalik.

Sedangkan, untuk lomba sampan Jong jumlah peserta yang ikut ambil bagian tahun lalu sebanyak 140 peserta. Dan untuk lomba gasing diikuti oleh tim dari Bintan maupun dari Tanjungpinang.

Khazalik menerangkan, dengan kegiatan ini pemerintah kabupaten (Pemkab) Bintan berupaya memperbanyak atraksi ke para turis. Harapan ke depan, turis akan lebih tertarik datang ke Bintan yang menawarkan berbagai atraksi.

Tidak dapat dipungkiri, sumber PAD terbesar Bintan atau sebesar 60 persen merupakan sumbangan dari sektor pariwisata.

Sumber: www.batampos.co.id (20 Juni 2008)
-

Arsip Blog

Recent Posts