Nusa Dua Fiesta 2008 Kembali Digelar Oktober

Nusa Dua - Ajang tahunan Nusa Dua Fiesta kembali digelar tahun ini. Berbagai kegiatan mulai atraksi seni budaya, musik, olahraga, permainan sampai pameran akan digelar selama lima hari, 10-14 Oktober mendatang di Peninsula Nusa Dua, Bali.

Seluruh rangkaian kegiatan acara yang diselenggarakan PT Bali Tourism Development Corporation (BTDC) ini dianggarkan dana Rp 1 miliar.

Direktur Utama PT BTDC, I Made Mandra, mengatakan jumlah peserta yang sudah memastikan diri ikut dalam acara ini mencapai 17 provinsi, 29 kabupaten, 5 BUMN, 16 hotel, 3 departemen, serta satu dari swasta.

Pada awal acara akan dimulai dengan Green Culture Parade yang menampilkan iring-iringan ribuan peserta dengan memromosikan karya terbaik dari daerah peserta masing-masing.

Tema yang diusung kegiatan ini adalah Green Tourism yang sekaligus menunjukkan bahwa BTDC adalah kawasan pertama yang memeroleh sertifikasi Green Globe. Selain itu juga masih terkait dengan tema pertemuan besar UNFCCC Desember tahun lalu.

Pemilihan tema ini, kata Mandra, karena disadari bahwa pariwisata di Bali sebagai salah satu industri yang berperan dalam menggerakkan sektor ekonomi sangat bergantung pada kelestarian alam dan budayanya.

"Jadi Green Tourism akan menjiwai sejumlah atraksi seni budaya, seni, olahraga, musik permainan dan pameran," tandas Mandra dalam acara jumpa pers di Nusa Dua, Rabu (10/9).

Dengan kemasan dan tampilan yang lebih modern, menurut Mandra, Nusa Dua Fiesta ini akan memberikan warna dan lifestyle tersendiri bagi festival-festival lain yang banyak diselenggarakan belakangan ini.

Mandra mengatakan, di stan-stan pameran akan ditampilkan aneka hasil kerajinan yang diminati kalangan wisatawan. Pesertanya berasal dari berbagai daerah di Indonesia selain juga dari kalangan hotel yang ada di kawasan Nusa Dua.

Walau transaksi dari pameran bukan menjadi tujuan utama, namun ternyata realisasinya cukup tinggi. Pada acara tahun lalu nilai transaksi mencapai Rp2,5 miliar. Tahun ini ditargetkan meningkat sampai 20%. Tiap peserta pameran dikenakan biaya Rp12 juta. (RS/OL-2) (Ruta Suryana)

Sumber: www.mediaindonesia.com (10 September 2008)
-

Arsip Blog

Recent Posts