Turis Gotong-royong di Desa Pauh

Moro - Sejumlah turis mancanegara bersama warga Desa Pauh Moro melakukan kegiatan gotong-royong (goro) memperbaiki dermaga yang nyaris roboh dan juga membersihkan parit, membersihkan pekarangan rumah penduduk. Turis asing WN Amerika itu berada di Pauh, sejak hari Selasa (17/6) hingga Kamis (19/6). “Turis asing ini beradaptasi dengan masyarakat untuk belajar tatakrama cara berpakaian Melayu dan duduk bersimpulkan kaki sambil makan pakai tangan menyuap nasi ke mulut,” ujar Kepala Desa Pauh Moro M Asyik, Kamis (19/6).

Dikatakan, tujuan wisatawan mancanegara asal Amerika Serikat itu ke objek pariwisata pantai Telunas Island Connection International (ICI) yang berada di kawasan pulau Sugi Moro atau jarak satu mil dari desa Pauh berseberangan laut.

Kesempatan itu dimanfaatkan turis asing tersebut berkunjung ke desa Pauh. Rangkaian kegiatan bakti sosial itu bukan hanya ikut kerja bakti memperbaiki dermaga Pauh, tapi justru turis asing itu juga membeli bahan material bangunan dermaga tersebut.

Berkat bantuan turis asing tersebut, untuk sementara ini dermaga sudah dapat digunakan masyarakat sambil menunggu proyek pembangunan beton yang dianggarkan dalam APBD Kabupaten Karimun. Fisik bangunan dermaga Pauh yang nyaris roboh itu, juga sudah pernah dilihat langsung oleh Bupati Karimun H Nurdin Basirun bersama rombongan, saat berkunjung ke desa Pauh beberapa waktu yang lalu.

Oleh sebab itu, sambung Asyik lagi, meskipun saat ini dermaga itu diperbaiki atas bantuan turis asing tersebut yang diperkirakan senilai Rp4 juta, tapi hal itu hanya bersifat sementara. Soalnya yang dapat diperbaiki hanya sebagian lantai papan, bloti dan tiang penyangga yang telah patah.

“Yang jelas, atas besarnya perhatian turis asing bersangkutan, dermaga tersebut telah bisa dilalui anak sekolah yang turun naik kapal dari Pauh ke Moro untuk melanjutkan pendidikannya,” terangnya. (pst)

Sumber: Batampos.co.id (20 Juni 2008)
-

Arsip Blog

Recent Posts