Kenduri Laut dan Parade Budaya Tapteng Diikuti Meneg BUMN

Sibolga, Sumut - Gubernur Sumatera Utara H Gatot Pujo Nugroho bersama Menteri BUMN Dahlan Iskan menghadiri acara Semarak Pesta Kenduri Laut, di Pantai Kalangan, Kecamatan Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sabtu (31/8).
Pada kesempatan ini, Gubernur menegaskan visi Bupati Tapanuli Tengah Raja Bonaran Situmeang SH MHum menjadikan Kabupaten Tapanuli Tengah sebagai pusat pertumbuhan (growth centre) Pantai Barat Sumatera Utara. Salah satu bidang yang akan dikembangkan dalam misi itu adalah sektor pariwisata.
“Karena kita tahu melalui kepariwisatan mempunyai multi player effect yang sangat beragam terhadap pertumbuhan ekonomi. Untuk itu mari kita jadikan keindahan alam budaya yang dimiliki kita kelola sebaik baiknya,” harapnya.
Gatot berharap masyarakat Tapanuli Tengah tetap meningkatkan rasa syukur lewat kerja keras dan kerja cerdas. “Ada 5 parameter yang memungkinkan sebuah kawasan tumbuh maju berkembang. Satu dari lima para metetritu adalah keanekaragaman budaya. Dan kita bersyukur Sumut khususnya Kabupaten Tapteng terdapat keanekaragaman budaya. Multikultur budaya, ras,agama dan keberagaman budaya ini justru kita menjadi modal sosial untuk membangun provinsi, membangun kabupaten yang kita cintai ini,” tegas Gubernur.
Bupati Raja Bonaran menegaskan, pembangunan yang begitu pesatnya di Tapteng tak lepas dari perhatian dan kebijakan Gubernur.
“Kami sudah membangun Rumah Sakit Barus, Rumah Sakit Pandan dan beberapa ruas jalan lain. Itu semua tak lain atas perhatian Gubsu, makanya berbondong-bondong masyarakat hadir di sini sebagai ungkapan terima kasih kepada bapak,” ujarnya.
Sementara Menteri BUMN Dahlan Iskan menyampaikan salam Presidan atas pesta budaya Rakyat Tapteng. “Sangat beruntung memiliki Bupati yang pikiranya sangat besar, lebih besar melampaui kabupaten ini, provinsi ini bahkan negara ini,” ujarnya.
Kenduri Laut yag dirangkai dengan Parade Budaya se-Kabupaten Tapteng ini digelar dalam rangka Perayaan Hari Jadi Pemerintah Kabupaten Tapteng yang ke-68.
Ribuan Warga Kabupaten Tapteng mulai dari nelayan, petani dan warga biasa tumpah ruang untuk menyaksikan kegiatan itu.
Sebagai penghormatan dari rakyat Tapteng, Gubernur dan Menteri BUMN bersama Bupati dan Wakil Bupati Tapteng secara adat dipakaikan baju adat pesisir. “Hampir 2.000 masyarakat Tapteng hadir di tempat ini. Masyarakat mengucapkan terima kasih kepada pak Gubsu karena begitu besarnya perhatian pak Gubsu kepada Tapteng ini,” ujar Bupati di depan ribuan warga.
Parade Budaya se-kabupaten Tapteng diawali barisan dari Kecamatan Suka Bangun yang berpakaian adat suku Nias, disusul kontingen Kecamatan Sibabangun dengan pakaian adat Suku Angkola, kemudian berlanjut Kecamatan Lumut hingga terakhir Kecamatan Barus Utara dengan pakaian adat suku Batak Toba.
Kesemua kontingen satu persatu menunjukkan berbagai atraksi tarian serta hasil-hasil bumi yang dihasilkan masing-masing daerah saat bersalaman dengan Gubsu dan Menteri BUMN.
-

Arsip Blog

Recent Posts