24 Kebudayaan Dunia Ditampilkan di Unpad

Dipati Ukur, Bandung - Sebanyak 24 kebudayaan dunia ditampilkan dalam Festival Budaya 2010 yang diselenggarakan oleh mahasiswa Fakultas Ilmu komunikasi (Fikom) Universitas Padjadjaran (Unpad), dengan tema "Culture from Around the World", di Jln. Dipatiukur, Sabtu (26/6).

Acara tahunan Fikom Unpad sebagai rangkaian akhir dari tugas Mata Kuliah Komunikasi Lintas Budaya ini, selain merepresentasikan budaya internasional oleh mahasiswa Fikom angkatan 2009/2010, terdapat juga budaya nasional.

Budaya internasional yang ditampilkan antara lain Mesir, India, Amerika, Australia, Italia, Perancis, Jerman, Jepang, Western, Korea, Skotlandia, Belanda, China, Turki, Meksiko, dan Saudi Arabia. Sementara budaya nasional antara lain udaya Sunda, Aceh, Maluku, Padang, Batak serta Papua.

"Kegiatan praktik mata kuliah ini menarik. Karena mengenai bagaimana pandangan hidup, ideologi, nilai-nilai kepercayaan yang dianut itu berbeda," ucap Dekan Fikom Unpad, Prof. Deddy Mulyana di sela-sela kegiatan. Turut hadir, Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan Unpad, Dr. Trias Nugrahadi.

Adanya kegiatan tersebut, mahasiswa diharapkan akan dapat belajar bagaimana budaya-budaya itu berpengaruh terhadap cara manusia berkomunikasi. Kemudian, mahasiswa akan mengetahui dan mempraktikan hal tersebut. Kegiatan ini juga bertepatan dengan Dies Natalis ke-50 Fikom Unpad.

Trias sangat mengapresiasi gelaran tersebut. Bahkan ke depan Festival Budaya mungkin akan menjadi kegiatan tahunan yang akan diadakan di tingkat universitas.

Festival Budaya 2010 terselenggara atas bimbingan dari pembina mata kuliah, y Prof. Deddy Mulyana dan tim dosen lainnya Laswani, Dandi Supriadi, Susane Dida, Evi Novianti, Atwar Bajari, Weny Widyowati, Ilham Gemiharto, dan Funny E. Mustikasari.

Pada kegiatan itu, ditampilkan pula atraksi lainnya yang menjadi ciri khas negara Brazil yakni Capoera. Sementara di lapangan, terdapat stan yang menampilkan kekhasan masing-masing negara, dimulai dari dekorasi, pernak-pernik, sampai dengan kuliner khas negara tersebut. (B.107)

-

Arsip Blog

Recent Posts