Museum Kartun Pertama di Asia Tenggara

Kuta, Bali - Kabar gembira bagi para pecinta kartun. Di Kuta, Bali, saat ini telah berdiri museum kartun pertama di Indonesia dan Asia Tenggara. Museum yang menempati lahan seluas 1.600 meter persegi ini memajang sekitar 200 karya kartunis Pramono R. Pramoedjo, G.M. Sudarta, Dwi Koendoro, Jango Paramartha, hingga beberapa kartunis muda bertalenta tinggi lainnya.

Dengan membayar tiket masuk Rp 20 ribu, pengunjung dapat melihat aneka jenis kartun mulai bertema ringan hingga serius dengan kisah peristiwa yang terjadi di Indonesia. Selain itu, pengunjung juga dapat melihat aneka kartun para tokoh di Indonesia dan dunia seperti mantan Presiden Soekarno, Soeharto, Megawati Sukarnoputri, Susilo Bambang Yudhoyono, hingga Osama bin Laden, dan Presiden Amerika Serikat George Waker Bush.

Secara umum, kartun yang dipajang di museum ini dapat menceritakan perjalanan sejarah kartun di Indonesia dan dunia. Karya yang ditampilkan juga menampilkan kehidupan kreatif para kartunis. Diharapkan museum kartun ini bisa menjadi alternatif tujuan wisata.

Sumber: www.liputan6.com (12 Maret 2008)
-

Arsip Blog

Recent Posts