Pesta Seni dan Budaya Tarik Wisatawan ke Bukit Lawang

Bahorok, Sumut - Himpunan Pramuwisata Indonesia Cabang Langkat bekerjasama dengan Kantor Pariwisata dan Budaya Langkat gelar Pesta Budaya Bukit Lawang 2011.

Pagelaran seni dan budaya berbagai etnis yang ada di Kecamatan Bahorok itu, dilaksanakan sejak 10 -11 Desember 2011 di lapangan parkir Bukit Lawang.

Ketua panitia pesta seni budaya Bukit Lawang, Nizmah Inganta Br Bangun mengatakan, pagelaran seni dan budaya dilaksanakan sebagai sarana mempromosikan khasanah seni dan budaya serta kearipan lokal masyarakat Bukit Lawang pada wisatawan lokal maupun mancanegara.

"Kami berharap gebyar pesta seni dan budaya Bukit Lawang dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk mengunjungi Bukit Lawang. Wisatawan yang datang ke Bukit Lawang tidak hanya mengunjungi kawasan wisata alam, namun juga dapat menikmati kekayaan seni dan budaya warisan leluhur," ujar Nizmah.

Nizmah mengatakan, kekayaan dari keragaman seni dan budaya serta kearipan lokal masyarakat Bukit Lawang, merupakan salah satu objek yang sangat potensial untuk ditawarkan pada para wisatawan."Jika berbagai ragam seni dan budaya masyarakat dapat ditampilkan dengan kemasan yang baik, akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung dan melihat dari dekat kekayaan seni budaya bangsa kita, terutama yang ada di Bukit Lawang," katanya.

Saat ini, diakuinya nilai-nilai seni dan budaya bangsa banyak yang tidak difahami masyarakat, terutama generasi muda, hingga sangat mudah terpengaruh dengan budaya luar. Nizmah berharap dengan terselenggaranya kegiatan ini, dapat mendorong generasi muda lebih memahami seni budaya bangsanya.

Ketua Himpunan Pramuwisata Indonesia Cabang langkat Sabarta Bangun berharap, pesta seni dan budaya Bukit Lawang dapat menjadi event setiap tahun, hingga dapat menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung kembali setiap tahunya.

Kakan Pariwisata Langkat Rudi Kinandung saat membuka pagelaran Pesta Seni dan Budaya Bukit Lawang 2011, mengapresiasi penyelenggaraan pesta seni dan budaya Bukit Lawang dan juga berharap dapat terselenggara setiap tahunya. "Pesta seni dan Budaya Bukit Lawang merupakan event yang dapat menarik minat para wisatawan untuk berkunjung ke Bukit Lawang. Karenanya, pagelaran ini diharapkan menjadi agenda tahunan yang dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Bukit Lawang," ujarnya.

Rudi Kinandung mengutarakan, Bupati Langkat H Ngogesa Sitepu SH mendukung kegiatan ini. Rudi berharap ada dukungan dari segenap masyarakat, agar pagelaran seni dan budaya itu dapat berjalan dengan baik.

Pesta seni dan Budaya Bukit Lawang menampilkan berbagai seni dan budaya berbagai etnis yang ada di Kecamatan Bahorok, antara lain, etnis Jawa, Karo, Melayu, Batak dan Tionghoa.

Hadir dalam pembukaan kegiatan tersebut Camat Bahorok Sekula Singarimbun, Kapolsejk Bahorok AKP Beston, tokoh adapt, agama dan pemuda Kecamatan Bahorok.

-

Arsip Blog

Recent Posts