Tanggamus Gelar Festival Teluk Semaka

Tanggamus, Lampung - Pemerintah Kabupaten Tanggamus menggelar Festival Teluk Stabas mulai 16–18 Desember 2011. Festival yang sudah berjalan empat kali itu akan diwarnai dengan penyalaan ribuan obor di sepanjang Jalan Lintas Barat Sumatera yang melintasi Kabupaten Tanggamus.

“Wisatawan juga akan diajak memancing di Teluk Semaka untuk menikmati aneka buah-buahan dari kebun petani, karnaval budaya,” kata Kepala Dinas Pariwisata, Seni, dan Budaya Tanggamus M. Shobier, Jumat, 16 Desember 2011.

Festival Teluk Semaka itu merupakan agenda rutin yang digelar setiap akhir tahun. Berbeda dengan penyelenggaraan sebelumnya, festival kali ini dipusatkan di Kota Agung dan Talangpadang, Tanggamus. “Kami yakin festival kali ini bisa menyedot banyak pengunjung dan wisatawan,” katanya.

Dia menuturkan keelokan alam di Tanggamus dengan Teluk Semaka yang masih terjaga kelestariaannya bisa menggoda wisatawan untuk datang. Kelebihan dari Teluk Semaka adalah banyaknya spot menantang untuk memanjakan para pemancing. “Tidak hanya itu, pengunjung juga bisa disuguhi kawanan lumba-lumba sebelum masuk ke Teluk Semaka, tepatnya di Teluk Kiluan,” ujarnya.

Teluk Kiluan merupakan primadona pemancing karena ikan sangat melimpah di daerah itu. Hampir setiap hari, puluhan pemancing dari Pulau Jawa dan Sumatera memancing di tempat itu. Ikan Todak, Kerisi, Giant Traveling, hingga Blu Merlin mudah didapat.

Selain menggelar atraksi wisata memancing, pada festival kali ini panitia juga akan menggelar pawai budaya dan pesta adat. Sejumlah tokoh akan mendapat gelar adat setempat dengan pesta adat yang meriah. Di antara yang akan mendapat gelar adat kehormatan itu adalah Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan dan Wakil Meteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar.

-

Arsip Blog

Recent Posts