Lima Kuliner Melayu Favorit di Batam

1. Teh Tarik
Teh Tarik memang bukan minuman asli Batam. Minuman ini familiar di Asia Tenggara terutama mudah ditemukan di Malaysia dan Singapura.

Karena berdekatan dengan dua negara tetangga tersebut dan serumpun melayu,Teh Tarik pun akhirnya ikut menjamur di Kepri khususnya Batam dan menjadi salah satu minuman favorit di kedai-kedai Batam.

Sensasi rasa

Teh Tarik memiliki rasa yang hampir sama dengan teh susu. Namun bedanya teh Tarik di Batam diolah dari campuran teh tubruk yang disaring dan diseduh dengan susu kental manis yang alot. Sebagian peracik teh ini terkadang juga menambahkan rasa kayu manis.

Minuman ini rasanya manis dan rasa teh yang cukup kuat. Teh Tarik disajikan dalam olahan dingin dan panas. Yang pasti cara pengolahannya dan penyajiannya tetap sama, teh yang ditarik-tarik dan berbuih. Ditarik-tarik?

Keistimewaan

Apa istimewa teh tarik? dimulai dari cara mengolahnya. Setelah teh dicampur air, selanjutnya peracik teh akan memainkan aksi menuang teh di dua gelas aluminium berulang-ulang seperti gaya ditarik-tarik (dituang berulang-ulang). Maka disebutlah teh ini sebagai Teh Tarik.

Teh yang berbuih. Keistimewaan kedua adalah adanya buih dari teh tersebut. Hal itu dikarenakan dari proses ditarik-tarik tadi. Biasanya memang disajikan dalam gelas dengan buih sebagai penghiasnya. Jangan kaget jika Teh Tarik disajikan dengan buih melipah di gelas…!

Bahan yang berbeda. Di antara pencicip teh tarik di Batam mengatakan Teh Tarik di Batam beda karena manisnya khas. Mungkin karena pilihan susu kental manis yang digunakan ditambah sedikit sensasi kayu manis.

Lokasi

Hampir di banyak kedai di Batam menyediakan menu ini. Paling familiar di Batam mungkin bisa ke Teh Tarik Raja, Mie Tarempa dan Kedai Kopi Anambas.

2. Sup Ikan Tengiri

Sama halnya dengan Teh Tarik, Sup Ikan juga termasuk favorit di Batam. Memang makanan ini juga temukan di daerah lain seperti Palembang dan Bangka Belitung.

Beda Palembang dan Bangka Belitung, Batam tentunya punya ciri khas Sup Ikan tersendiri, sesuai namanya menggunakan Ikan Tengiri.

Sensasi Rasa

Untuk cita rasa, Sup Ikan Tengiri bercita rasa sedikit asam, asin dan bercampur aroma Ikan Tengiri. Rasa asam kuah berasal dari potongan tomat hijau yang ditambahkan. Ikan Tengiri dipotong tipis, sehingga dagingnya sangat empuk untuk digigit. Gampanglah menyantapnya!

Keistimewaan

Bumbu rempah yang sederhana. Keistimewaan hidangan ini terletak pada olahan ikannya dan bumbu rempah yang digunakan.

Sebenarnya Sup Ikan hidangan yang sederhana. Tak banyak campuran. Selain, ditambahkan potongan tomat, hidangan ini juga ditambahkan sayuran seperti selada. Olahannya pas.

Jika berminat, dapat disantap dengan nasi atau tanpa nasi. Biasanya, restoran di Batam juga menambahkan cabe rawit potong atau rawit ulek untuk menciptakan sensasi pedas.

Lokasi

Cukup mudah menemukan Sup Ikan di Batam. Kita bisa menemukan di foodcourt-foodcourt dan resto yang menawarkan menu seafood, misalnya kawasan resto seafood di Harbourbay Batam. Sedangkan di pusat kota salah satu yang familiar adalah di resto Yongkee Batam.

3. Sotong Masak Hitam

Pertama kali mendapatkan hidangan ini, kita akan kaget dengan bentuknya, hitam. Olahan sotong ini seperti dilumurin tinta hitam.

Tapi tidak perlu kuatir, jangan menilai dari tampilan makannya, sebelum kita mencoba dan mengetahui rasanya.

Memang bentuknya tampak aneh bagi orang yang pertama kali mencoba menu ini, nyatanya Sotong Masak Hitam menjadi menu khas dari Kepulauan Riau cocok di lidah pecinta kuliner Indonesia.

Sensasi Rasa

Jangan takut untuk menyantap menu ini karena warna dan bentuknya yang tampak ‘mengerikan’. Setelah kita mencoba, kita akan percaya penampilan tidak berbanding lurus dengan kualitas rasa hehe..

Sotong masak hitam sangat lezat. Mungkin semula membayangkan warna hitam akan memberikan sensasi rasa yang pahit. Padahal olahan ini sangat gurih dengan cita rasa asam, asin dan rasa sotong yang meresap ke dalam lumuran tintanya.

Keistimewaan

Berwarna hitam. Dari bentuknya saja kita sudah tahu, hidangan sotong yang lumuri tinta hitam. Tinta hitam ini aman karena tinta hitam berasal dari cairan sotong itu sendiri.

Tidak terlalu amis. Untuk menghilangkan amis, ada cara khusus atau ramuan khusus dalam mengolahnya. Biasanya ditambahkan bumbu asam jawa, serai dan kunyit.

Lokasi

Tidak semua resto yang menyediakan menu ini. Paling gampang mendapatkan Sotong Masak Hitam di kedai-kedai orang Melayu, misalnya di Teh Tarik Raja Batam Center Batam.

4. Ikan Asam Pedas

Ikan Asam Pedas merupakan masakan nusantara, sehingga tak hanya ditemukan di Batam. Tapi cita rasa setiap daerah untuk olahan satu ini tentunya berbeda-beda, termasuk cita rasa Ikan Asam Pedas dari tanah Melayu ini.

Sensasi Rasa

Sesuai namanya Ikan Asam Pedas, rasanya tak jauh dari namanya, asam dan pedas. Terkadang juga sedikit manis.

Keisitimewaan

Olahan Ikan Segar. Menu Asam Pedas di Batam sangat direkomendasikan karena diolah dari ikan segar dan berukuran jumbo. Pilihan ikannya pun beragam, di antaranya ikan kakap dan ikan ungar.

Bila kita mencicip makanan ini di foodcourt, kita bisa memilih langsung jenis ikan segar yang siap untuk dimasak.

Lokasi
Sup Ikan Asam Pedas bisa ditemukan di resto seafood dan melayu di Batam.

5. Nasi Dagang atau Nasi Lemak
Nasi Dagang atau sering juga disebut Nasi Lemak adalah menu sarapan pagi di Batam. Yah, menu ini mirip nasi uduk, nasi yang diolah menggunakan santan.

Sensasi Rasa

Nasi Lemak sangat gurih. Porsinya cukup untuk sarapan pagi. Untuk nasi lemak komplit, isinya berupa ikan teri, ikan laut balado, telur dan ditambahkan taburan kacang serta cabai merah.

Keistimewaan

Yang saya suka dari nasi lemak karena nasi ini dibungkus menggunakan daun, sehingga aroma daun ikut meresap ke dalam nasi. Selain itu porsinya sangat pas untuk sarapa pagi.

Nasi lemak tahan seharian dan bisa dibawa sebagai cemilan dalam perjalanan bila tak sempat sarapan pagi.

Lokasi

Di mana bisa menemukan nasi lemak di Batam? Yang paling gampang adalah ke Morning Bakeri atau Pasar Mitra Raya Batam. (eliza gusmeri)

Sumber: https://pelantar.id
-

Arsip Blog

Recent Posts